Anggarannya Rp3,8 Miliar, Siswa Kok Belum Dapat Seragam Sekolah Gratis?

Jumat, 19 Juli 2019 - 08:35 WIB
ilustrasi (Foto: JPG)

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Pengadaan pakaian seragam sekolah ternyata belum diterealisasi. Hari keempat siswa TK, SD, dan SMP di Kota Palopo masuk sekolah, namun belum juga mendapatkan pembagian baju seragam dari Pemerintah Kota. Anggarannya mencapai Rp3,8 miliar.

Warga Kota Palopo, Camang, mempertanyakan kenapa belum ada baju seragam dibagikan ke anak sekolah. ”Seharusnya pemerintah sudah membagikan pakaian seragam setelah hari pertama masuk sekolah,” kata Camang.

Anggota DPRD Palopo, Dahri Suli mengatakan, memang sebaiknya saat siswa masuk sekolah, pakaian seragam dibagikan. ”Tidak boleh masalah ini berlarut-larut. Anggaran kita sudah siapkan di APBD 2019,” kata Dahri.

Dalam anggaran yang ditanggung adalah sepatu, celana atau rok topi kemungkinan tas sekolah. Itu kalau memungkinkan anggarannya, termasuk yang disiapkan adalah siswa TK. Pakaian seragam satu pasang bagi setiap siswa. Rencananya juga anak TK disiapkan baju olah raga. Pengadaan baju tidak boleh ditunda.

Kepala Dinas Pendidikan Palopo, Asir Mangopo, mengatakan, pengadaan pakaian seragam TK, SD, dan SMP masih diproses. ”PPK pengadaan baju sekolah seragam sudah turun melakukan survei harga,” kata Asir.

Pengadaan pakaian seragam sekolah hanya berlaku bagi siswa baru. Jumlah siswa TK, SD, dan SMP se-Kota Palopo belum jelas. Datanya belum diterima. Rekanan yang memenangkan tender juga belum ada. Anggarannya memang mencapai Rp3.8 miliar. (shd)