Mahasiswa Unhas Ajar Masyarakat Olah Nira Jadi Gula Aren Berkemasan Menarik

Jumat, 19 Juli 2019 - 13:49 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) melatih masyarakat di Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, mengolah nira aren menjadi gula.

Daerah ini, diketahui sebagai salah satu penghasil aren terbesar, namun masih dikelolah secara tradisional. Bahkan, masih ada masyarakat yang menambahkan bahan-bahan non edible dalam pembuatan gula aren tersebut.

Salah seorang mahasiswa, Ainun mengatakan, pengolahan nira aren ini dimulai dari penyadapan sampai dengan memasarkan produknya. Agar masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih dari sumber daya alam (SDM) yang ada di daerahnya.

“Misalnya diverifikasi dengan bentuk yang lebih menarik dan ukuran lebih kecil sehingga lebih efisien dalam penggunaan. Selain itu ada pelatihan bagi masyarakat dalam pembuatan gula semut,” kata mahasiswa Fakultas Kehutanan itu, Jumat (19/7/2019).

Masyarakat juga diminta menggunakan bahan alami seperti daun pase’ne’. Hal itu dilakukan untuk memperlambat fermentask pada nira.

“Gula aren hasil dari pendampingan kami diberi nama GollaTa’ yang artinya ‘gula kita bersama” dan akronim dari “golla gantarang’,” pungkasnya. (ism)

loading...