Mau Daging Kepiting Lezat? Masak Kepiting Hidup

Jumat, 19 Juli 2019 - 22:28 WIB

FAJAR.CO.ID – Dalam mengolah kepiting perlu memperhatikan cara mengolahnya agar dagingnya enak. Owner sekaligus chef Airins Kitchen, Nur Fadillah memberikan tips untuk mengolah kepiting yakni kepiting haruslah hidup, lalu sikat kepiting hingga bersih menggunakan sikat gigi.

Kemudian masukkan kepiting hidup langsung ke panci dan kukus kurang lebih satu jam. Setelah dikukus, bersihkan kembali dengan membuka bagian pantat kepiting dan sikat disikat kembali dengan sikat gigi yang bersih. Kemudian bersihkan menggunakan air yang sudah dimasak. Barulah dimasak sesuai dengan bumbu yang diinginkan. “Jika tidak menggunakan kepiting hidup maka dagingnya pasti tidak enak rasanya,” ungkapnya.

Airins Kitchen sendiri juga menyajikan berbagai macam kepiting. Bagi yang tak terlalu suka pedas kepiting asam manis tentunya bisa menjadi pilihan.

Di Airins Kitchen, disajikan kepiting asam manis dengan beberapa bahan seperti saus tomat, rempah lainnya dan gula yang menberikan rasa manis. Kuahnya pun begitu kental. Namun, yang berbeda kepiting lebih dahulu digoreng sebelum dicampurkan dengan bumbu agar rasa dagingnya lebih crispy.

Digorenganya tak lama hanya lima menit.  Ukuran kepitingnya pun lebih besar sehingga bisa di makan dua hingga tiga orang. Kepitingnya juga sangat bersih karena dilakukan pembersihan secara berulang. Ketika dimakan, rasa dagingnya begitu gurih dan bumbu saus asam manisnya begitu meresap di dagingnya.

Sangat lezat disantap dengan nasi hangat dan sayur bening plus es teh manis pelepas dahaga “kepitingnya fresh kita pilih kepiting terbaik dan bumbunya melimpah. Pilihan kepiting adalah yang bertelur karena penikmat kepiting sangat suka jika kepiting seperti itu,” terangnya. (ind)