Seleksi Calon Sekkab, Kadis PU dan Kadishub Belum Setor SKCK dan Bebas Temuan

Jumat, 19 Juli 2019 - 08:50 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MASAMBA — Pendaftaran lelang jabatan terbuka yang digelar Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, telah resmi ditutup, Rabu, 17 Juli lalu. Terdapat lima kepala dinas yang ikut lelang jabatan pimpinan tinggi pratama atau setingkat eselon II calon sekretaris kabupaten untuk menggantikan plt Sekkab Tafsil Saleh.

Kepala Bidang Mutasi dan Promosi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu Utara, Sulham mengatakan, sebanyak lima kepala dinas yang mengajukan berkas untuk maju sebagai calon sekkab Luwu Utara.

”Setelah diverifikasi berkas, ada dua kepala dinas yang yang belum lengkap berkasnya,” kata Sulham kepada FAJAR, Kamis, 18 Juli 2019. Dia menyebut, dua nama calon sekkab yang belum lengkap berkasnya adalah Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mansyur Syaib dan Kadis Perhubungan Hakim Bukara. Keduanya tidak memasukkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Surat bebas temuan dari Inspektorat juga belum dimasukkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Sementara berkas Armiady (Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan), Arief R Palallo (Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian), Muh Asyir Suhaeb (Kepala Satpol PP dan Damkar dinyatakan aman.

Namun, BKPSDM Luwu Utara memberikan waktu melengkapi berkas hingga Rabu 24 Juli 2019. Setelah batas waktu ditetapkan tidak masukkan SKCK, mereka dinyatakan gugur.

Seleksi calon kepala dinas di Luwu Utara juga telah bergulir. Di antaranya, Sekretaris Dewan, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Namun, sejumlah peserta masih banyak yang kurang lengkap berkasnya. Di antaranya, Kabag Ortala Muhammad Hadi. Dia belum masukkan berkas bebas temuan. Sekdis Peternakan Muhammad juga belum melengkapi berkas bebas temuan. Kabag Ekonomi juga belum masukkan berkas SKCK dan berkas bebas temuan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu Utara, Nursalim Ramli mengatakan, pendaftaran calon sekkab sudah resmi ditutup. ”Kita tutup 17 Juli lalu. Hanya lima orang mendaftar,” kata Nursalim.

Mereka memenuhi syarat usia dan kepangkatan untuk maju sebagai calon Sekkab. Bagi peserta yang belum lengkap berkasnya baik calon sekkab maupun calon kadis diberi waktu hingga Rabu 27 Juli melengakapi berkas. Peminat calon kadis ini cukup banyak. Ada dinas yang diminati 6 orang, ada 5 orang, dan ada 4 orang. Lima jabatan ini diminati 25 orang. (shd)