Tak Penuhi Syarat, Satu Calon Taruna Dipulangkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Jumlah calon taruna (Catar) peserta seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol) TA 2019 kembali berkurang. Satu catar dipulangkan karena tidak memenuhi syarat. Dia dinyatakan gagal dalam tes kesamaptaan jasmani.

Kepala Biro Pengendali Personel Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri Brigjen Pol Sudarsono mengatakan, catar yang gagal berasal dari Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Ada satu catar yang kembali (dipulangkan) karena tidak memenuhi syarat, lantaran mendapatkan nilai nol di uji kesamaptaan pada tes pull up,” kata Sudarsono usai acara pengumuman seleksi catar Akpol tahap III di Gedung Cendikia Akpol Semarang, Jumat (19/7).

Menurutnya, pemulangan tahap ketiga yang hanya satu orang ini menunjukkan bahwa mereka memang betul-betul sudah menyiapkan diri. Demikian juga dalam proses seleksi di panitia daerah pun sudah cukup ketat.

“Sehingga sampai akhir ini pun masih banyak yang bertahan, masih mengikuti seleksi tahapan berikutnya,” terangnya.

Dia menyebutkan, catar yang lolos tahap ketiga selanjutnya akan mengikuti tes seleksi akademik yang dilaksanakan Sabtu (20/7/2019) besok di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Besok akan tes akademik di Udinus, untuk materi yang akan dilaksanakan berkaitan dengan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris,” tandasnya.

Seperti diketahui, pada Senin (8/7) kemarin, dari 382 catar ada 10 orang dі аntаrаnуа dinyatakan tidak lolos pada seleksi tahap pertama. Kemudian berkurang 2 orang раdа seleksi tahap kedua dan 1 orang pada tahap ketiga ini.

Sehingga saat ini masih menyisakan 369 orang. Mereka akan terus diseleksi hingga berjumlah 250 orang, yang terdiri dari 220 taruna dan 30 taruni. (sen)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...