Arswendo Atmowiloto, Kreator Kisah Keluarga Cemara

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Sastrawan dan budayawan Arswendo Atmowiloto meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Arswendo meninggal setelah berjuang melawan kanker prostat yang membuat kondisinya terus menurun.

Dikonfirmasi dari pihak keluarga oleh JawaPos.com, Jumat (19/7), Arswendo meninggal dunia pada Jumat (19/7), pukul 17.50 WIB di rumahnya Kompleks Kompas Jalan Damai, Pesanggrahan, Jakarta. Jenazah pria bernama lengkap Paulus Arswendo Atmowiloto itu disemayamkan di Rumah Duka, Komplek Kompas B-2, Jalan Damai, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Misa Requiem sekaligus pelepasan jenazah akan dilaksanakan di Gereja St. Matius Penginjil, Paroki Bintaro, Pondok Aren pada Sabtu, 20 Juli 2019, pukul 10.00 WIB. Selesai misa, jenazah akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di Sandiego Hill, Karawang.

Sejak dua bulan terakhir kondisi Arswendo memang menurun. Dia juga sempat 2 kali menjalani operasi prostat.

Nama besar Arswendo tak lepas dari kenangan publik atas dirinya sebagai kreator Keluarga Cemara. Arswendo memulai menjadi sastrawan sejak 1971 dengan menulis cerpen dalam majalah mingguan.

Sang kreator itu juga sempat terlibat penuh dalam produksi film Keluarga Cemara pada 3 Januari 2019 lalu yang diperankan oleh Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman. Arswendo Atmowiloto semasa hidupnya sempat mengungkapkan alasannya mengapa sepakat untuk memunculkan Keluarga Cemara menjadi film. Pasalnya saat ini, nilai sosial dan ketahanan keluarga di masyarakat sudah semakin renggang. Teknologi juga semakin canggih dan membuat generasi milenial menjadi mudah melawan orang tua atau bermusuhan dengan temannya.

Saat membuat cerita itu, Arswendo menuangkan ide cerita yang tak dibuat-buat, melainkan sesuai dengan keadaan nyata kehidupan sehari-hari. Bahkan dia menulisnya sejak 44 tahun yang lalu. Dimulai dengan diterbitkan di majalah Bobo, Hai, dan lainnya. Meski kini sang kreator sudah tutup usia, namun kisah Abah, Emak, Agil, dan Cemara akan selalu dikenang sepanjang hayat. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...