Kalahkan Wakil Jepang, Hendra/Ahsan ke Final Indonesia Open 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 - 14:33 WIB
Hendra Setiawan dan Muhammad Ahsan/Badminton Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan lolos ke babak final Blibli Indonesia Open 2019. Itu setelah mereka mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam pertarungan tiga set di babak semifinal.

Pada pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Sabtu, 20 Juli, siang Wita, Hendra/Ahsan yang menempati peringkat empat dunia melakukan banyak kesalahan di set pertama. Meski mencetak poin pertama, mereka terus tertinggal di posisi angka 3-6, 5-10 sebelum memasuki jeda set pertama dengan poin 6-11.

Hendra/Ahsan mencetak dua angka setelah istirahat, namun Takuro Hoki/Yugo Kobayashi mampu langsung bangkit. Pasangan berperingkat 15 dunia itu mencetak tiga poin untuk unggul 8-14. Kedua pasangan kemudian sama-sama mencetak empat angka pada kedudukan 12-18.

Satu kesalahan servis pasangan Jepang membuat Hendra/Ahsan mencetak dua angka untuk memperpendek jarak menjadi 14-19. Namun, usaha keduanya untuk mengejar tak membuahkan hasil. Hoki/Yugo menang 17-21.

Di set kedua, The Daddies, julukan Hendra/Ahsan mencoba bangkit dan langsung memimpin 3-1. Namun, Hoki/Yugi bisa mengejar pada kedudukan 4-4, 5-5, dan 6-6. Kejar-mengejar poin terus terjadi sebelum kedua pasangan memasuki jeda dengan skor 10-11 untuk pasangan Jepang.

Hendra/Ahsan berbalik unggul 12-11 setelah jeda. Mereka bahkan bisa memimpin tiga poin di angka 15-12. Pertarungan sengit kembali terjadi setelah itu. Kejar-mengejar angka hingga poin 20-19 sebelum akhirnya Hendra/Ahsan menang 21-19.

Di game penentuan, pertarungan seru kembali tersaji sejak awal. Hendra/Ahsan memimpin lebih dulu 2-1 sebelum pasangan Jepang berbalik mencetak dua angka untuk mengubah skor menjadi 2-3. Setelah itu, Hendra/Ahsan mampu kembali melejit dan unggul 7-4 dan 10-7 sebelum memasuki jeda dengan skor 11-7.

Setelah berpindah lapangan, pertandingan bertambah seru. Kedua pasangan bergantian menyerang. Namun, Hoki-Yugo mampu mencuri empat poin untuk memangkas selisih poin menjadi 12-11. Pasangan Jepang bahkan berhasil menyamakan skor menjadi 14-14.

Pertandingan semakin menegangkan tapi Hendra/Ahsan bisa mendapatkan tiga poin untuk unggul 17-14.  Dan dengan segudang pengalaman yang mereka miliki Hendra/Ahsan akhirnya bisa memenangkan pertandingan dengan skor 21-17.

Indonesia masih menyisakan satu pasangan ganda putra di semifinal, yakni Kevin Sanjaya Sukomuljo/Marcus Fernaldi Gideon. The Minions akan menghadapi wakil Cina, Li Junhui/Liu Yuchen. Ini ibarat final lantaran kedua pasangan merupakan ganda nomor satu dan peringkat kedua dunia. (amr)

One thought on “Kalahkan Wakil Jepang, Hendra/Ahsan ke Final Indonesia Open 2019

Comments are closed.