Pelatih Senegal: Kami Punya Peluang, tapi Tidak Bisa Mencetak Gol

Sabtu, 20 Juli 2019 - 08:06 WIB
Pelatih Senegal Aliou Cisse menghibur bek Salif Sane setelah kalah di final / AFP

FAJAR.CO.ID, KAIRO—Gol cepat Baghdad Bounedjah mengakhiri mimpi Senegal menjadi jawara Piala Afrika di Stadion Internasional Kairo pada partai final, dinihari tadi. Ini adalah kegagalan kedua mereka setelah juga kalah di partai puncak edisi 2002.

Pelatih Senegal, Aliou Cisse mengatakan, ketidakmampuan timnya untuk pulih dari gol menit ke-2 Baghdad Bounedjah sangat disesalkan. Alasannya, setelah tertinggal, mereka mampu menciptakan sejumlah peluang untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

“Mereka mengesampingkan peluang yang mereka butuhkan. Secara keseluruhan kami tidak mengecewakan diri sendiri. Kami menciptakan peluang tetapi tidak mampu mencetak gol,” kata Cisse, yang timnya juga kalah 1-0 dari Aljazair di fase grup.

“Ketika Anda kebobolan gol di awal pertandingan, rencana menjadi jelas. Anda harus menyerang pertahanan yang agresif dan kami tidak dapat menemukan solusinya. Apa yang kita lewatkan? Menjadi konsisten,” jelas Cisse yang tanpa bek tengah utama Kalidou Koulibaly di laga ini akibat akumulasi kartu.

Walau Sadio Mane dan kawan-kawan gagal mempersembahkan gelar pertama, Cisse yang jadi kapten 17 tahun lalu tetap memuji timnya. “Terakhir kali Senegal mencapai titik ini adalah pada tahun 2002. Pengalaman pertandingan besar, kami ingin berada di sini lebih sering. Kami semakin dekat dengan kemenangan,” ujarnya di AFP.

“Tim telah membuat kemajuan selama lima tahun terakhir. Final ditentukan dengan margin yang bagus dan kami pantas mendapatkan yang lebih baik malam ini. Sudah 17 tahun sejak Senegal mencapai tahap kompetisi ini. Kami hanya mengalami kekecewaan dan kekecewaan,” lanjutnya.

Cisse, telah bertugas sejak awal 2015. Dan setelah kegagalan ini, masa depannya dipertanyakan. “Saya tidak penting. Yang penting adalah apa yang saya lakukan dengan para pemain dan fakta federasi memiliki kepercayaan pada saya,” tegasnya. (France 24/amr)