Hijaukan Alam dari Rumah Sendiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 20:24 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, membagikan 250 bibit tanaman kepada warga di Anjungan Pantai Losari, Minggu, 21 Juli.

Bibit tanaman tersebut berupa bibit rambutan, bibit mangga, durian, dan beberapa tanaman yang berbuah. Pembagian bibit gratis (free seedings) ini bertujuan untuk menghijaukan alam dimulai dari rumah sendiri.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulsel, Thomas Nifinluri mengatakan untuk memperingati 11 tahun Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), maka BBKSDA merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tugasnya memang untuk sosialisasi konservasi sumber daya alam.

Mulai dari penghijauan, bersih lingkungan diantaranya sampah-sampah di pesisir pantai. Untuk pembagian bibit tanaman ini sengaja, tujuannya agar masyarakat tanam kembali di rumahnya dalam upaya pelestarian lingkungan.

Selain itu, tetap mendapatkan manfaat yang berkelanjutan dan mempertahankan komponen alam yang ada di antaranya penghijauan.

“Kami mengusung tema Spirit Konservasi Alam Milenial karena memang banyak melibatkan milenial. Seperti mahasiswa Unhas, pecinta alam, dan beberapa lembaga LSM dan anggota pramuka,” tuturnya.

Cara Unik Komedian Nunung Pesan Sabu-sabu

Jemaah Haji Kerap Kelelahan di Masjidilharam

Sruput Rejeki Toramoka, Istri Buruh Bangunan Ini Dapat Umrah Gratis

Ketua Panitia Hari Konservasi Alam Nasional, Ellyyana Said mengatakan selain pembagian bibit gratis, spirit konservasi juga dirangkaikan sejumlah kegiatan antara lain promosi deseminasi, pembersihan sampah di pantai Losari, Bakti Konservasi dan donor darah.

Untuk pembersihan sampah di area pantai Losari, terkumpul 13 kantong sampah. Rinciannya 8 kantong di darat dan 5 kantong dari laut. Sedang untuk donor darah terdaftar 62 orang, namun yang bisa mendonor dan memenuhi syarat hanya 47 orang.

“Kegiatan kami tak berhenti di sini, beberapa hari ke depan ada juga kegiatan School Conservation di SD Sudirman, 24 Juli dan talkshow konservasi milenial serta penanaman pohon endemik dan release satwa secara simbolis, 25 Juli di Fort Roterdam Makassar,” ungkapnya. (wis)

One thought on “Hijaukan Alam dari Rumah Sendiri

Comments are closed.