Mahasisswa E-KKN Unifa Dibekali Ilmu dan Asuransi Jiwa

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:06 WIB
Mahasiswa E-KKN Unifa.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Selain ilmu pengetahuan, Universitas Fajar (Unifa) Makassar membekali mahasiswa dengan asuransi jiwa selama masa Entrepreneur Kuliah Kerja Nyata (E-KKN).

Dalam hal ini mahasiswa diberikan klaim oleh BPJS untuk perlindungan diri selama 45 hari. Sejak pertama kali E-KKN di Kabupaten Pangkep pada 29 Juli mendatang.

Deputy Rektor III, Nur Khaerat Nur, mengatakan, sebanyak 470 orang mahasiswa dari 12 program studi di Unifa akan berangkat untuk E-KKN. Di sana mereka akan dibagi untuk penempatan 9 kecamatan dan 29 desa.

Lanjutnya, setiap penempatan desa akan dibagi 15 hingga 17 orang yang digabungkan dari masing-masing studi eksak dan non-eksak.

“Namanya Entrpreneur KKN, makanya di sana mahasiswa ini dituntut menyelesaikan proker pembuatan website, pemerhatian sanitasi dan air bersih, pemetaan, mitigasi bencana, dan membuat bumdes,” tuturnya.

Dosen Unifa dan Pemateri Pembekalan E-KKN, Rahmita Saleh, mengatakan, sebelum diberangkatkan, mahasiswa diberi pendalaman materi tentang bagaimana mengelola keuangan.

Dalam hal ini terkait dengan materi bagaimana di lokasi KKN harus mampu mengolah produk yang dimiliki dari pertanian.

“Mahasiswa juga harus bisa mengeksplore tempat wisata yang ada dan memberikan edukasi kepada masyarakat dan membuat pameran hasil karya yang akan dilombakan antar desa,” ucapnya.

Mahasiswa E-KKN di Kabupaten Pangkep nanti akan diterima langsung oleh bupati dan beberapa camat dan lurah, serta tokoh masyarakat setempat. (wis)