Muslim, Kontestan Miss Inggris Tak Pakai Bikini

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:33 WIB
Aysha Khan/Mauritius Tourism

FAJAR.CO.ID, LONDON—Kontestan Miss Inggris, Aysha Khan menghindari tradisi bikini dan memilih untuk memakai baju renang panjang. Sang finalis mengatakan Miss Inggris adalah tentang memamerkan kepribadian masing-masing individu.

Gadis berusia 21 tahun dari Blackburn itu menegaskan, keputusannya ini bagian dari kepercayaan Muslimnya. Aysha, Miss Lancashire saat ini, dianggap sebagai penantang pertama gelar Miss Inggris yang tidak mengenakan bikini.

“Aku tidak benar-benar menunjukkan banyak kulit, karena itu yang membuatku merasa nyaman. Saya tahu bagian itu opsional, tetapi saya tidak mau ketinggalan. Saya ingin berkompetisi tetapi tanpa mengenakan bikini atau baju renang dan tanpa menunjukkan kaki atau tubuh saya,” katanya kepada The Sun.

“Jadi saya memakai pakaian selam karena itu adalah pilihan pribadi saya. Pemberdayaan adalah perasaan pribadi, dan tidak mengenakan bikini tidak berarti saya tidak percaya diri dengan tubuh saya,” tegasnya.

Aysha mengirim foto dirinya dalam pakaian selam sebagai bagian dari bagian opsional Miss Beach Beauty, yang menggantikan parade pakaian renang wajib. Meskipun itu opsional, Aysha mengatakan dia tidak ingin ketinggalan. Ia pun satu-satunya dari 49 pendaftar yang tidak mengenakan bikini atau kostum renang.

Dia secara otomatis dimasukkan ke dalam kontes Miss Inggris ketika dia memenangkan Miss Lancashire. Aysha sendiri adalah orang keturunan Asia pertama yang dinobatkan sebagai Miss Lancashire. Meski sempat mengalami pelecehan rasis, ia mencoba untuk tidak terlalu fokus pada hal itu: “Dibandingkan dengan yang positif, yang negatif sangat sedikit, jadi aku hanya berusaha untuk tidak terlalu fokus padanya.”

Sebagai bagian dari kompetisi, Aysha melakukan beberapa kegiatan amal. Semua putaran dalam kompetisi adalah opsional, tetapi ketika kontestan mengikutinya, semakin tinggi peluang mereka untuk memenangkan gelar. Pemenang yang akan diumumkan 1 Agustus secara otomatis akan ke kontes Miss World di London pada bulan Desember. (Metro/amr)