Pacquiao KO Thurman di Ronda Pertama

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:43 WIB

FAJAR.CO.ID, NEVADA– Manny Pacquiao mewujudkan ambisinya untuk mengalahkan juara bertahan, Keith Thurman dan berhak atas gelar kelas welter super WBA di Las Vegas, Sabtu, 20 Juli.

Dua hakim memberi skor 115-112 untuk Pacquiao sedang satu hakim memenangkan Thurman dengan skor 114-113. Bagi Thurman, ini adalah kekalahan pertamanya dari 30 kali pertarungan.

“Knock down adalah faktor besar,” kata Pacquiao, yang menjadi juara kelas welter tertua dalam sejarah tinju.

Thurman sebelumnya bersumpah mengalahkan petinju Filipina berusia 40 tahun itu bahkan mengantarnya pensiun. Namun, ambisi itu justru menodai karier profesionalnya di dunia tinju.

Petinju Amerika berusia 30 tahun itu sebenarnya memiliki keunggulan tinggi badan, jangkauan, dan usia, tetapi ia tidak mampu memanfaatkan keunggulan itu. Thurman bahkan sempat KO di ronde pertama, namun dia bisa bangkit kembali.

Thurman mulai mengalami pendarahan pada hidung di kelima dan tampak dipukuli tetapi ia pulih di tengah pertarungan untuk memenangkan beberapa ronde dan mengguncang kepercayaan diri Pacquiao.

“Saya tahu itu terlalu dekat. Dia mendapatkan knock down sehingga dia memiliki momentum di ronde pertama,” kata Thurman di CBS Sports.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang karena keluar. Ini adalah malam yang indah dari tinju. Manny Pacquiao adalah juara yang hebat, benar-benar hebat,” kata Thurman dilansir channelnewsasia, Minggu, 21 Juli.

“Saya berharap memiliki sedikit lebih banyak output untuk pergi kaki ke kaki. Saya merasa dia seperti sedikit lelah, tetapi dia memang memiliki pengalaman di atas ring. Pengkondisian saya, output saya tepat di belakang Manny Pacquiao. Itu adalah malam yang luar biasa dalam bertinju. Saya ingin sekali pertandingan ulang,” katanya.

Pacquiao dengan kecepatan dan kekuatannya melampaui usianya, adalah satu-satunya orang dalam sejarah tinju yang memegang gelar dunia dalam delapan divisi berbeda.

Kemenangannya membuat rekornya menjadi 62-7-2 dengan 39 KO. Thurman jatuh ke 29-1 (22 KO).