Menteri Susi Ingin Anambas Pionir Industri Perikanan dan Pariwisata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, ANAMBAS – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti selama tiga hari melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, pada 16-18 Juli 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Susi mengunjungi sejumlah pulau dan berdialog dengan nelayan di Pulau Siantan (17/7) dan Pulau Jemaja (18/7).

Menurut Susi, keberadaan Kabupaten Kepulauan Anambas baik dari segi keamanan dan kehidupan masyarakatnya, memiliki peran penting bagi NKRI, karena merupakan kabupaten terluar yang berbatasan dengan banyak negara.

“Di sini ada Laut China Selatan yang berbatasan dengan Singapura, Vietnam, Malaysia, Tiongkok, Filipina, Thailand, sehingga memiliki titik tawar penting bagi NKRI”, ucapnya.

Karena itu, Susi menaruh harapan besar kepada Anambas. “Saya ingin Anambas menjadi pointer utama dan pionir utama bagi industri perikanan dan industri pariwisata,” tutur Susi.

Jorok, Tumpukan Besi Berkarat Ganggu Estetika Plaza Makale

Ronaldo Cs Kalah, Sarri: Spurs Lebih Bugar

Tujuh Ruas Tol Siap Lelang, Nilainya Rp151 Triliun

Susi menjelaskan, ada dua hal yang diperlukan untuk mencapai harapan tersebut, yakni kenyamanan dan keindahan.

”Gunungnya harus hijau, lautnya harus biru dan banyak ikannya,” ucap Susi.

Sayangnya, dalam kunjungan ke beberapa pulau, Susi menemukan banyak terumbu karang di kedalaman 2-4 meter sudah rusak akibat destructive fishing dengan cara di bom dan menggunakan pottasium (portas).

Karena itu, Susi berpesan agar pengusaha ikan hidup tidak lagi menerima hasil tangkapan dan menyuplai pottasium, ataupun bahan dinamit kepada nelayan untuk menangkap ikan. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment