Sampah Plastik DKI Jakarta 1.000 Ton per Hari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Volume sampah plastik di DKI Jakarta makin bertambah. Kini mencapai 1.000 ton per hari. Berdasar data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, plastik sekali pakai (PSP) menjadi penyumbang cukup tinggi atas sampah plastik di Ibu Kota Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andoro Warih menyebut, volume sampah dari warga Jakarta mencapai 7.500 ton. Semua itu masuk ke TPST Bantargebang setiap harinya. 14 persen atau 1.000 ton di antaranya merupakan sampah plastik yang didominasi plastik sekali pakai.

“Jenis kantong belanja plastik saja, setiap harinya sebanyak 650-800 ribu lembar yang masuk ke TPST Bantargebang,” katanya,” ujar Andono di Jakarta, Minggu (21/7).

Andono menilai gerakan perubahan gaya hidup warga untuk menggurangi penggunaan plastik sekali pakai menjadi strategi yang efektif dalam pengurangan sampah plastik. Saat ini telah banyak tersedia alternatif produk di pasaran yang lebih ramah lingkungan. Semua itu dapat menjadi pengganti plastik sekali pakai.

“Tas lipat dan keranjang belanja sebagai ganti kantong plastik, kotak makan sebagai ganti styrofoam, tumbler sebagai ganti membeli air kemasan plastik, dan sedotan bambu atau stainless steel sebagai ganti sedotan plastik, saat ini sudah marak dijual,” tambahnya.

Kini, Pemprov DKI saat ini tengah menyusun regulasi terkait pengurangan sampah plastik. Peraturan ini ditujukan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan.

Mahasiswa KKN Unhas Buat Lomba Kebersihan di Mabbiring, Pagar Harus Merah Putih

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...