Buah Pembersih Paru-paru

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR—Perokok rentan terkena penyaki paru-paru. Beberapa jenis buah bisa meminimalkan risiko tersebut.

Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Aryanti Bamahry MKes SpGK menuturkan, buah yang kayak antioksidan dan fitokimia dapat membantu membersihkan paru-paru dan mencegah kanker muncul. Namun, tentunya akan lebih baik lagi ketika seseorang menghindari merokok untuk mencegah peningkatan risikonya.

1. Apel

Buah berwarna merah seperti Apel merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan. Selain itu, ada banyak kandungan vitaminnya seperti A, C, dan E serta adanya kandungan flavonoid dan rendah kalori. Sangat baik dikonsumsi oleh perokok untuk mencegah kanker. Buah satu ini juga banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

2. Anggur

Manfaat buah anggur yang bisa didapatkan tubuh adalah kandungan polifenol dan flavonoidnya. Polifenol dipercaya membantu mencegah penyakit dan mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Mengonsumsi anggur beserta bijinya akan sangat baik untuk perokok.

3. Kunyit

Rimpang kunyit sangat bagus untuk tubuh karena kandungan kurkuminnya. Jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat, maka bersifat mencegah karsinogenik. kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan nyeri karena sifatnya sebagai antiinflamasi.

4. Buah Naga

Buah naga kaya akan antioksidan yang membantu melawan pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Kandungan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C serta B2 dapat mencegah kanker. Kandungan lycopene nya pun yang berperan sebagai penyedia warna merah di buah naga sangat bagus untuk mencegah risiko kanker prostat.

5. Manggis

Kini sudah banyak yang mengetahui bahwa manggis memiliki manfaat termasuk untuk kanker karena kaya antioksidan. Bagi perokok sangat bagus mengonsumsi manggis bahkan kulitnya karena mengandung flavonoid, tanin, santon yang sangat bagus untuk mencegah kanker paru-paru. Khasiatnya lebih baik ketika mengekstraksi kulit manggis. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...