Hanya UI, UGM, dan ITB Masuk Daya Saing Dunia

Selasa, 23 Juli 2019 10:09
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menristekdikti, Mohamad Nasir mengaku prihatin dengan kondisi perguruan tinggi di Indonesia. Dari 4.700 perguruan tinggi, yang masuk daya saing dunia hanya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).Itu sebabnya, wacana mendatangkan rektor dan dosen asing yang sempat mencuat di 2016, kini dimunculkan lagi.”Ngeri sekali Indonesia itu. Indonesia bangga di dalam negeri sendiri tapi tidak punya daya saing di luar negeri,” kata Menteri Nasir, Senin (22/7).Melihat kondisi itu, lanjut Nasir, dia menawarkan mengundang rektor dari luar negeri untuk jadi pimpinan perguruan tinggi di Indonesia.”Apa yang terjadi saat itu (tahun 2016)? Saya di-bully habis-habisan. Para rektor protes, dianggap bangsa inlander,” ucapnya.Dia mencontohkan, Singapura maju perguruan tingginya karena rektornya dari luar negeri. Taiwan dan Tiongkok juga maju karena rektor luar negeri.Bahkan Arab Saudi yang saat itu ranking 800 saja tidak masuk, sekarang naik drastis. Ini setelah rektornya didatangkan dari Amerika dan dosennya 40 persen dari Amerika maupun Eropa.

914 Guru Terima Sertifikasi Rp 48 MRina Nose Memilih Gelar Pernikahan di Luar NegeriKalla Group Luncurkan Inovasi Layanan Integrated Kalla Logistic Services

“Sekarang Arab Saudi masuk ranking 189 dunia. Ini yang menjadi tantangan kita,” ucapnya.Dia mengungkapkan, di 2020, presiden mencanangkan kembali rektor dari perguruan tinggi asing. Untuk menindaklanjutinya, Kemenristekdikti akan melakukab mapping.

Komentar


VIDEO TERKINI