Preview Barcelona vs Chelsea: Gairah Griez

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TOKYO—Barcelona akan menghadapi Chelsea di Piala Rakuten, malam nanti. Laga pramusim pertama ini akan menjadi panggung pembuktian awal para amunisi baru Raksasa Catalan.

Presiden Josep Maria Bartomeu yang mendampingi skuat Blaugrana ke Jepang sudah mengonfirmasi bahwa para penggemar bisa berharap melihat pemain baru mereka tampil dalam tur Asia ini. Itu artinya Antoine Griezmann, Frenkie de Jong, serta Neto akan mendapat kesempatan bermain.

Tanpa Lionel Messi dan Luis Suarez yang masih berlibur setelah bermain di Copa America, tur Asia ini memang merupakan momentum bagus bagi Griez, De Jong, dan Neto untuk membuat fans segera mencintai mereka. Khususnya Griez yang pembeliannya dari Atletico Madrid sempat ditolak penggemar Barca setelah musim panas tahun lalu menolak datang ke Camp Nou.

Griez sendiri sepertinya menerima pengumuman sang presiden sebagai tantangan.  Dan ia sangat bergairah menyambut duel kontra Chelsea di Stadion Saitama. Pemain berbanderol 122 juta euro itu mengatakan akan berusaha membuat penggemar Barcelona bahagia.

“Kami memiliki tim yang bagus, pemain hebat dan kemudian bos yang harus memutuskan siapa yang bermain. Kami akan siap untuk menikmati diri kita sendiri dan membuat para penggemar dan diri kita bahagia setiap saat,” kata Griez di Marca.

Kalau Griez berharap merebut hati fans, De Jong yang dibeli € 75 juta dari Ajax mencoba memanfaatkan tur ini untuk meyakinkan pelatih, Ernesto Valverde soal kemampuannya. Gelandang berusia 22 tahun itu menegaskan, targetnya adalah menjadi starter di lini tengah Barca dimana ia harus bersaing dengan Ivan Rakitic dan Sergio Busquest.

“Saya ingin menunjukkan kepada pelatih bahwa saya bisa menjadi starter. Maka pelatih akan memutuskan. Ini bukan tentang saya mengambil tempat seseorang di tim, saya hanya ingin bermain, di posisi apa pun saya diminta untuk melakukannya,” katanya dalam wawancara dengan Mundo Deportivo.

Antusiasme dan gairah pemain anyar ini jelas menyenangkan Valverde. Pasalnya, sang pelatih sudah menegaskan targetnya memenangi dua pertandingan di Jepang. “Kami Barcelona dan kami selalu ingin menang, itu adalah kewajiban klub ini,” katanya di Marca.

“Gagasan kami adalah untuk selalu mempertahankan gaya kami karena itulah yang diminta oleh para penggemar. Kami ingin memenangkan dua pertandingan karena kami memiliki banyak penggemar di Jepang dan kami ingin memberikan sesuatu kepada mereka,” tegas Valverde yang juga masih tanpa Philippe Coutinho dan Arthur Melo.

Bagaimana dengan Chelsea? Setelah kalah dari klub Jepang, Kawasi Frontale di laga sebelumnya, raksasa London itu pastinya akan bertarung habis-habisan menghadapi Barca. Apalagi, kedua klub punya sejarah rivalitas panjang di masa lalu.

“Saya punya kenangan indah bermain melawan Barcelona. Beberapa baik dan beberapa buruk. Saya selalu sangat menghormati mereka. Kami sangat bangga berada di sini untuk memainkan pertandingan ini,” kata Manajer Chelsea, Frank Lampard di situs klub.

Ketua Chelsea, Bruce Buck menambahkan, “Sejarah kami bermain melawan Barcelona sudah lama dan penuh warna. Barcelona menang lebih banyak dari kami, tetapi sepak bola seperti hidup dan Anda mengingat kemenangan lebih dari mengingat kekalahan. Ini akan menjadi persiapan yang baik untuk musim liga kita.”

Bomber Chelsea, Olivier Giroud sementara itu menegaskan harapannya agar tur Asia ini bisa membuat mereka beradatasi dengan taktik dan keinginan Lampard. “Dia memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin dia capai. Dia seorang pesaing, dia ingin memenangkan setiap pertandingan. Kami sedang mengerjakan taktik ketika kami tidak menguasai bola dan memainkan pola 4-2-3-1 kami harus saling mengenal dengan lebih baik juga,” ujarnya. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Neto; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, De Jong; Dembele, Griezmann, Malcom

Chelsea (4-2-3-1): Caballero; Azpilicueta, Luiz, Christensen, Emerson; Kovacic, Jorginho; Pedro, Pulisic, Batshuayi; Giroud

 

PERBANDINGAN KEKUATAN

RANGKING UEFA

Barcelona: 3

Chelsea: 11

REKAMAN PERTEMUAN

Main: 18

Barcelona menang: 6

Chelsea menang: 5

Imbang: 7

CATATAN GOL

Total gol: 54

Gol Barcelona: 31

Gol Chelsea: 23

REKOR SKOR

Kemenangan terbesar Barcelona: 5-0

Kemenangan terbesar Chelsea: 4-2

Skor terbesar: 5-1

Lima pertemuan terakhir

14/03/18 Barcelona 3-0 Chelsea

20/02/18 Chelsea 1-1 Barcelona

28/07/15 Chelsea 2-2 Barcelona

24/04/12 Barcelona 2-2 Chelsea

18/04/12 Chelsea 1-0 Barcelona

Hasil Pramusim Chelsea
11/07/19 Bohemians 1 – 1 Chelsea
13/07/19 St Patrick’s 0 – 4 Chelsea
19/07/19 Kawasaki Frontale 1 – 0 Chelsea

Hasil Pramusim Barcelona

Belum melakoni pertandingan

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...