Wajah Menawan Tanpa Keriput dengan Bahan Alami

Selasa, 23 Juli 2019 - 08:53 WIB
Cantik. Makanan bernutrisi membantu merawat kulit dari dalam. Untuk mencegah keriput, bisa dengan perawatan luar menggunakan kunyit ataupun madu. Nurhadi/fajar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Mencegah keriput bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah. Cukup pakai lidah buaya, kunyit, ataupun madu.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Mappiasse SpKK PhD FINSDV FAADV mengungkapkan, bahan yang sejak dahulu dipercaya untuk mencegah keriput yakni aloe vera atau lidah buaya. Gunakan sebagai masker secara rutin untuk menghilangkan jerawat dan iritasi kulit di wajah. Sifatnya yabg mengandung air menjadikannya meresap ke kulit.

Vitamin C yang terkandung ddi dalamnya pun sangat membantu pembentukan kolagen yang membuat kulit lebih kencang. Tak hanya itu, kandungan vitamin E nya juga mampu membantu melancarkan sistem pembuluh darah sehingga tentunya berpengaruh pada kecantikan kulit.

Tak hanya aloe vera, kunyit, dan madu juga bisa membantu cegah penuaan dini karena kandungan flavonoidnya. “Di masker-masker herbal kan juga menggunakan bahan seperti ini, hanya mereka menambahkan zat tertentu untuk membuatnya lebih lengket di wajah. Jadi, sangat aman digunakan karena tidak menimbulkan efek samping,” ujar Alumnus Toyama University Japan tersebut.

Penggunaan bahan-bahan kosmetik yang tak diketahui keamanannya bisa saja justru membuat kulit malah menjadi cepat menua. Sehingga, tak boleh sembarangan dalam menggunakan kosmetik untuk kecantikan.

Tak hanya asupan dari luar, perlu adanya asupan nutrisi dari dalam. Caranya, perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi guna menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab penuaan dini.

Senada, Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr Nurlinda SKM MKes menuturkan, keriput di wajah akan mudah terjadi pada seseorang yang tidak mencukupi kebutuhan proteinnya dan justru mengonsumsi banyak karbohidrat.

Kandungan asam amino pada makanan tinggi protein dapat menggantikan sel-sel yang rusak dan memproduksi hormon yang membantu mencegah penuaan bahkan menopause. “Jadi yang paling penting diperhatikan sebenarnya adalah pola asupan makanannya, karena selain untuk kesehatan itu sangat memengaruhi penampilan fisik juga,” ungkapnya.(ind)