Bibir Kering Disebabkan 7 Hal IniI

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Bibir menjadi pusat perhatian lawan bicara ketika Anda berkomunikasi. Karena itu, bila Anda memiliki bibir sering kering bahkan hingga berdarah, tentu akan mengganggu rasa percaya diri Anda. Meski sederhana dan relatif tidak berbahaya, mengapa kondisi ini bisa terjadi ya?

Penyebab bibir sering kering

Bibir Anda memiliki lapisan kulit yang tipis dan transparan yang disebut dengan stratum korneum. Letaknya yang berdekatan dengan pembuluh darah membuat bibir secara alami berwarna pink segar. Itulah sebabnya, sedikit luka atau goresan bisa membuat bibir berdarah.

Bibir yang kering tentunya membuat Anda tidak nyaman dan tidak enak dipandang. Kondisi ini dapat membuat lapisan bibir terkelupas atau pecah-pecah sehingga akhirnya berdarah karena banyaknya pembuluh darah di dalam bibir.

Lantas, apa saja penyebab bibir kering? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Dehidrasi

Kurang cairan atau dehidrasi akan memengaruhi sistem organ tubuh, salah satunya kulit. Kulit di seluruh tubuh termasuk bibir akan mengalami kekeringan hingga akhirnya pecah-pecah, terkelupas, dan berdarah.

2. Kurang vitamin

Kurang vitamin A dan B dikaitkan dengan bibir yang kering dan pecah-pecah. Untuk itu, penuhi kebutuhan vitamin B harian dengan mengonsumsi makanan-makanan dan minuman, seperti bayam, telur, susu, dan daging ayam. Adapun vitamin A dapat dipenuhi dengan asupan seperti wortel, brokoli, dan telur.

3. Kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan menjilat atau membasahi bibir dengan air liur bukannya melembapkan bibir, justru akan membuat bibir semakin kering. Air liur tidak berfungsi sebagai pelembap, tapi sifatnya akan mengelupaskan lapisan bibir yang tipis. Selain menjilat bibir, kebiasaan menggigiti bibir juga akan membuat bibir terkelupas dan mudah berdarah.

4. Cuaca

Cuaca yang terlalu dingin dan kering bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Contohnya saja ketika kita berlibur ke luar negeri saat musim dingin, pasti Anda merasakan bibir menjadi lebih kering dan sakit.

Selain itu, cuaca yang terlalu panas juga dapat membuat bibir menjadi kering, hal ini akibat paparan sinar UV yang merusak lapisan bibir.

5. Konsumsi obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan risiko bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa contoh obat-obatan tersebut adalah obat kemoterapi, obat jerawat, obat-obat gangguan bipolar, serta suplemen vitamin A.

6. Tanda adanya penyakit tertentu

Bibir kering juga bisa menjadi pertanda adanya suatu kondisi medis. Misalnya penyakit tiroid, angular cheilitis, kawasaki, dan infeksi.

7. Penggunaan kosmetik

Penggunaan produk lipstik tertentu, seperti yang jenisnya matte, dapat membuat bibir kering dan terkelupas. Lebih baik menggunakan lipstik yang bersifat melembapkan dan mudah dihapus.(klikdokter)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...