Bibir Kering, Ini Kiat Mengatasinya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis dan transparan yang disebut dengan stratum korneum. Letaknya yang berdekatan dengan pembuluh darah membuat bibir secara alami berwarna pink segar. Itulah sebabnya, sedikit luka atau goresan bisa membuat bibir berdarah.

Tentu Anda tidak menginginkan bibir kering hingga berdarah. Jadi, pastikan untuk menghindari faktor risiko di atas dengan melakukan tips-tips di bawah ini.

Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik, yaitu minum 8-12 gelas air setiap hari (sekitar 2 liter).
2. Hindari konsumsi kafein (kopi, teh, minuman bersoda) karena sifatnya yang diuretik justru membuang cairan dari dalam tubuh.
3. Perbanyak makan buah dan sayur.
4. Konsumsi suplemen kulit yang sudah banyak dijual di pasaran yang mengandung vitamin A, B, C, E serta antioksidan
5. Hindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir
6. Gunakan lipbalm setiap hari sesering mungkin, baik sebelum tidur maupun saat beraktivitas. Hindari lipbalm yang mengandung mentol, camphor, peppermint, ekstrak citrus, atau pewangi karena akan membuat bibir semakin kering.

7. Lebih baik jika yang sudah ada kandungan SPF agar terhindar dari bahaya sinar UV.

8. Melakukan pengangkatan sel-sel kulit mati pada bibir secara rutin, yaitu dengan penggunaan scrub bibir sebanyak dua kali seminggu.

Itulah beragam penyebab bibir sering kering hingga berdarah serta cara pencegahannya. Jika Anda merasakan bibir kering yang terus-menerus tanpa tahu penyebabnya serta kesulitan untuk mengatasinya sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.(HNS/ RVS/klikdokter)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...