Gowa Jadi Lokus Benchmarking Provinsi Papua

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Kabupaten Gowa menjadi lokus Benchmarking Peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) IV Kabupaten se-Provinsi Papua untuk mengadaptasi atau mengadopsi inovasi pada bebeberapa dinas di Gowa, Rabu, 24 Juli 2019.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kepamongprajaan Kepemimpinan, dan Prajabatan, Johanna Nap mengatakan, alasan memilih Gowa sebagai salah satu lokus benchmarking diklat PIM karena Kabupaten Gowa memiliki banyak keunggulan seperti di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PTSP, dan Dinas PPKB.

“Kami memilih Gowa karena setelah kami google di internet Gowa ini banyak sekali inovasi yang telah dilakukan sehingga inilah salah satu alasan kami hadir untuk mengadopsi dan mengadaptasi beberapa inovasi pada empat dinas,” ungkapnya, di Baruga Karaeng Pattingalloang.

Dijelaskan Johanna, pada benchmarking ini peserta dibagi kedalam empat kelompok dan diararkan melihat secara langsung program unggulan dan inovasi untuk diadopsi dan diadaptasi dalam pengelolaan kegiatan jelang tahun perubahan di daerahnya.

” Kami tertarik pada inovasi Dinkes, PPKB, PTSP, dan Dinas Pendidikan Gowa, jadi salah satu tujuan kegiatan ini untuk memperluas wawasan dari seluruh peserta dan diarahkan mengambil data dan informasi di lokus yang telah ditentukan,” jelas Johanna.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis sekaligus menerima kunjungan Provinsi Papua mengatakan Kabupaten Gowa memiliki beberapa program unggulan, prestasi dan inovasi pada empat dinas tersebut, salah satunya dibidang kesehatan yakni program Kesehatan Gratis yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu, pada Dinas Pendidikan terdapat Program Pendidikan Gratis dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).

“Sebenarnya Pemkab Gowa senantiasa melakukan inovasi-inovasi terbaru pada bidang pendidikan, bahkan kami mencanangkan Gowa Kabupaten Pendidikan pertama di Sulsel,” terangnya.

Selain itu, pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dengan prestasinya yang baru saja memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana dan Pin Emas atas prestasi komitmen dan dukungannya dalam mendukung pelaksanaan program kependudukan, serta program unggulannya dengan kampung KB dilengkapi beberapa rumah data.

Tak hanya itu, pada Dinas PTSP yang sudah menggunakan sistem online perizinan usaha terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian serta pajak online melalui sistem ini.

“Semua dinas insyaAllah ada yang bisa diadopsi dan untuk lanjutnya nanti akan diarahkan masing-masing dinas terkait untuk mendampingi,” jelas Muchlis.

Diakhir penerimaan dilakukan oenyerahan cinderama kenang-kenangan dari Pemkab Gowa untuk Papua begitu pun sebaliknya.

Turut mendapingi Asisten Bidang Administrasi, Kepala BKPSDM, Kadis Kesehatan, Kabid Dinas Pendidikan, Kadis PM-PTSP, dan Kadis PPKB Kabupaten Gowa. (ica)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment