KKSB Egianus Kembali Sergap TNI di Nduga

Rabu, 24 Juli 2019 - 12:40 WIB

FAJAR.CO.ID, PAPUA– Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya, kembali menyerang pos TNI di Nduga, Provinsi Papua.

Aksi kontak senjata antara kedua belah pihak pun tak terhindarkan. Kapendam Cendrawasih, Kolonel Infrantri M Aidi menyampaikan, sekitar 20 anggota KKSB menyerang TNI yang sedang berjaga di Distrik Mugi, dengan melepas tembakan dari jarak jauh, pada Selasa (23/7).

Petugas pun langsung membalas serangan sehingga terjadi kontak tembak.

“Tiba-tiba dari arah yang tidak terduga muncul serangan mendadak yang dilakukan KKSB diperkirakan kekuatan antara 15 -20 orang, teridentifikasi dari kelompok Egianus Kogoya,” kata Aidi dalam keterangannya, Rabu (24/7).

Mendapat perlawanan dari anggota TNI, kelompok KSB memilih mundur. Namun, TNI terus mengejar KKSB yang melarikan diri ke dalam hutan.

Mencuri Kabel Tembaga di Pangkep, Diringkus di Maros

PDIP Siapkan Ahmad Basarah Calon Ketua MPR

Lady Gaga Luncurkan Produk Kosmetik Haus Laboratories

Menurutnya, sekitar lima orang anggota kelompok KSB melarikan diri ke salah satu pondok. Mengetahui diikuti, anggota kelompok KSB memilih melompat ke jurang yang tidak jauh dari pondok tersebut.

“Sementara di luar honai ditemukan ceceran darah cukup banyak mengarah ke jurang,” ucapnya.

Dari hasil pengejaran tersebut, personel TNI berhasil menyita satu pistol caliber 9 mm, tiga buah HT, satu GPS, dan tiga buah bagazen.

Kendati demikian, belum ada anggota KKSB yang tertangkap. “Ratusan amunisi kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm. Korban dari TNI nihil,” tukas Aidi. (jp)