Korea Utara Tembakkan 2 Rudal Jarak Pendek

FAJAR.CO.ID, PYONGYANG– Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek dari pantai timurnya, Kamis, 24 Juli. Uji coba rudal itu yang pertama sejak negara itu bersedia lakukan perundingan.

Militer Korea Selatan menyebut, uji coba rudal pertama sejak pemimpin Kim Jong Un dan Presiden AS, Donald Trump sepakat menghidupkan kembali perundingan denuklirisasi yang macet.

Rudal yang diluncurkan dari dekat Wonsan terbang sekitar 430 km dan mencapai ketinggian 50 km sebelum jatuh ke Laut Timur, kata seorang pejabat di kementerian pertahanan Korea Selatan kepada Reuters.

Kyodo News Jepang mengatakan, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, rudal itu tidak mencapai zona ekonomi eksklusif Jepang dan tidak berdampak pada keamanan nasional Jepang.

Penembakan rudal balistik akan menimbulkan keraguan baru pada upaya untuk memulai kembali perundingan denuklirisasi setelah Trump dan Kim bertemu di zona demiliterisasi (DMZ) pada akhir Juni.

KPK Terus Usut Suap Izin Pembangunan Meikarta

Hanura Minta Jokowi Hargai Pengusung yang Tak Lolos Senayan

Asumsi PKB Soal Pertemuan Megawati dan Prabowo

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan: “Kami mengetahui laporan proyektil jarak pendek yang diluncurkan dari Korea Utara. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut,” kata pejabat itu seperti dilansir channelnewsasia, Kamis, 24 Juli.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan awal bulan ini bahwa pola Washington “mengingkari komitmennya secara sepihak” dengan mengadakan latihan militer dengan Korea Selatan, membuat Pyongyang untuk mempertimbangkan kembali komitmennya sendiri untuk menghentikan tes senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua.

“Korea Utara jelas kesal karena AS dan Korea Selatan melakukan latihan militer bersama,” kata Harry Kazianis dari Pusat Kepentingan Nasional Washington.

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...