Susu Kambing Tidak Disarankan Bagi Penderita Hipertensi

Kamis, 25 Juli 2019 08:35

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Meski susu kambing sangat baik untuk kesehatan, Tapi tidak cocok untuk penderita hipertensi.

Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Asrini Safitri Husain MKes SpGK menjelaskan, dalam satu cangkir susu kambing mengandung kalori tinggi. Yakni 168 dan lemak jenuh 6,5 gram dan 27 miligram kolesterol.

Lemak dan kolesterol yang cukup tinggi inilah yang membuat penderita hipertensi dan kolesterol tak dianjurkan untuk mengonsumsinya karena dapat membuat penyumbatan di pembuluh darah. “Sebaiknya ganti dengan jenis susu kedelai saja,” ujarnya.

Susu kambing juga tidak dianjurkan bagi penderita alergi protein pada susu kambing, karena tentu dapat dengan cepat memunculkan gejalanya. Pastikan yang dikonsumsi benar-benar susu kambing murni karena lebih banyak manfaat nutrisinya.

Susu Kambing untuk Infeksi Paru

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, dr M Khidri Alwi menambahkan, susu kambing juga sangat baik untuk produksi ASI. Bagi orang-orang dengan kondisi normal, bisa mengonsumsi susu kambing satu gelas sehari.

Dalam pemberian susu kambing pada anak-anak juga perlu memperhatikan apakah anak tidak mengalami alergi terhadap susu kambing.

“ Susu kambing punya kandungan vitamin A, potasium dan niacin dibanding susu sapi. Perhatikan benar-benar agar agar susu kambing yang dikonsumsi adalah susu kambing murni,” ujarnya. (ind/dni)

Komentar


VIDEO TERKINI