Gempa Tektonik 4,6 SR Kembali Guncang Sulbar

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMASA– Gempa tektonik 4,6 SR mengguncang wilayah Sulawesi barat, Jumat, 26 Juli 2019, pukul 13:59:26 Wita.

Wilayah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4.6. Skala Reakter (SR).

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.95 LS dan 119.41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 10 Km Tenggara Kab. Mamasa, Sulawesi Barat, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Koalisi Plus-plus, PKS Ngaku Tak Tertarik

Bertemu Kepala Daerah se-Sulsel, Sekprov: Gubernur Bisa Anulir Kebijakan Bupati/Wali Kota

Bripka Rachmat Dikenal Sosok Polisi Tegas

Gempa bumi ini masih merupakan rangkaian gempa bumi Swarm yang terjadi di Kabupaten Mamasa selama ini.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa III-IV MMI, Polewali dan Mamuju II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg),” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan. (edo)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

1 Komentar

  1. Pingback: Daddies Menang Luar Biasa di Japan Open 2019 – MENIT BERITA

Comments are closed.