Kapal Tenggelam Sejak 500 Tahun, Masih Utuh, Lihat Penampakannya

Sabtu, 27 Juli 2019 - 12:11 WIB
Sebuah kapal yang tenggelam 500 tahun lalu telah ditemukan dalam kondisi baik di Laut Baltik.

FAJAR TEKNO. MAKASSAR — Sebuah kapal yang tenggelam 500 tahun lalu telah ditemukan dalam kondisi baik di Laut Baltik. Arkeolog Universitas Southampton menggunakan robot bawah laut berteknologi tinggi untuk memeriksa penemuan itu.

Ajaibnya, lambung dan tiang kapal masih dalam kondisi utuh. Senapan putar kapal dan kapal kecil (sekoci) yang digunakan untuk mengangkut awak kapal ke dan dari kapal itu, juga tidak rusak.

Para ahli percaya, kapal itu telah diawetkan dengan baik dengan kadar garam dalam air. Ditemukan di sekitar pantai Swedia, di mana memiliki suhu dan garam membuatnya dalam kondisi yang baik.

Rodrigo Pacheco-Ruiz, arkeolog kelautan dan ahli arkeologi laut dalam, memimpin inspeksi kapal ini.

“Kapal ini sezaman dengan Christopher Columbus dan Leonardo Da Vinci, tetapi telah menunjukkan tingkat pelestarian yang luar biasa setelah ratusan tahun berada di dasar laut. Hal ini berkat perairan Baltik yang dingin dan payau. Kondisinya hampir seperti tenggelam kemarin – tiang-tiang di tempat dan lambung utuh,” ujarnya dilansir dari Metro.

Tim peneliti berencana mengambil sampel dari kapal untuk mencoba dan memahami lebih lanjut tentang siapa kru-krunya dan bagaimana tenggelamnya. Mereka percaya, kapal ini berasal dari akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16. (*/sua/jpg)

loading...