Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi, Golkar Raih Tujuh Kursi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Partai Golongan Karya dinobatkan sebagai peraih kursi terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros beberapa waktu lalu.

Golkar berhasil meraih tujuh kursi mengalahkan Partai Amanat Nasional yang hanya mampu meraih enam kursi.

Hal ini tertuang dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros yang dibacakan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Maros, Mujaddin, Sabtu, 27 Juli di Hotel Grand Town Batangase.

Untuk perolehan kursi Golkar berhasil meraih tujuh kursi dengan rincian dua suara di daerah pemilihan (Dapil) I yakni Nurwahyuni Malik dan Muh Rusdi, kemudian di dapil II yakni satu kursi yang diraih HA Syarifuddin B, dapil III Golkar meraih dua suara yakni M Taufik Malik dan HA Patarai Amir, dapil IV satu suara diraih oleh Nurlinda dan Dapil V juga satu suara yakni Mansyur Janong.

Sedangkan untuk perolehan kursi PAN dengan enam kursi dimana dapil 1 HM Amri Yusuf, dapil II Andi Rijal Syamsuddin, dapil III terdapat dua kursi yakni Syamsuddin dan Andi Welly, dapil IV Haeriah Rahman dan dapil V HAS Chaidir Syam merupakan peraih suara terbanyak.

Untuk perolehan kursi tertinggi ketiga diraih Nasdem dengan peroleh lima kursi yakni dapil 1 Kadir HL, dapil III Abidin Said dan Fatmawati, kemudian dapil IV A Syahril Mappangara dan dapil V Muhammad Yusuf.

Sedangkan Hanura dan PKB berhasil meraih empat kursi di DPRD Maros. Untuk Gerindra meraih tiga kursi, PKS dan PPP meraih dua kursi,PBB dan Demokrat masing-masing satu kursi.

Sementara itu Ketua KPU Maros, Syamsu Rizal mengatakan penetapan jumlah kursi dan calon anggota DPRD Maros terpilih baru bisa dilakukan setelah sempat adanya gugatan Partai Gerindra .

Penetapan ini juga dilakukan setelah adanya petunjuk resmi dari KPU RI.

“Setelah sempat melalui proses di MK hari ini kami diinstruksikan untuk melakukan penetapan prolehan kursi untuk calon terpilih,” katanya.(Rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...