Terduga Bom Bunuh Diri Filipina Punya Penentuan Waktu Salat Sendiri

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Rullie Rian Zeke (RRZ) yang menjadi terduga pelaku bom bunuh diri di Filipina Januari 2019 lalu, ternyata sering berselisih paham dengan imam masjid yang juga bertetangga dengan terduga tersebut.

Perbedaan penentu waktu salat yang dimiliki RRZ pun tidak sejalan dengan penentuan jadwal salat oleh imam masjidnya, Jaja Munadi.

Dia mengatakan, pihak pengurus masjid setempat menentukan waktu salat berdasarkan arah jam yang telah ditentukan atau yang telah tertera di masjid.

“Sementara RRZ sendiri menentukan waktu salat itu harus matahari. Kalau matahari ini belum lewat di tengah-tengah (atas kepala), tidak boleh ada azan,” kenang Jaja Munadi.

Meski demikian, perbedaan pendapat itu dimaklumi oleh Munadi selaku imam masjid Abu Makka. Dia juga mengenal RRZ dengan kepribadian yang sangat baik dan keras. Meski demikian, perbedaan penentuan waktu salat tersebut tetap tidak menghalangi keduanya untuk melaksanakan salat secara berjemaah di masjid tersebut.

“Kita bergaul seperti biasa. Kan saya imam masjid jadi setiap masuk waktu salat, dia selalu ada,” bebernya.

Kedua terduga tersebut yakni RRZ dan UAS yang merupakan pasutri diketahui merupakan salah satu Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Makassar. (ica)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...