8 Makanan Mengandung Lemak Tinggi yang Bagus Dikonsumsi

Senin, 29 Juli 2019 08:20

FAJAR.CO.ID– Makanan yang mengandung lemak sering dikaitkan dengan sesuatu yang buruk dan jahat. Padahal, tak selalu seperti itu. Ada juga beberapa makanan tinggi lemak yang justru perlu Anda santap secara rutin.Tahukah Anda bahwa ada juga lemak baik yang diperlukan oleh tubuh? Lemak ini biasanya dapat digunakan sebagai cadangan energi dalam tubuh dan bisa membantu penyerapan vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, ada dua jenis lemak, yakni lemak jahat dan lemak baik. Lemak jahat merupakan jenis lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, lemak ini harus dihindari.Sebaliknya, lemak baik adalah jenis lemak tak jenuh yang terdiri dari lemak tak jenuh rantai tunggal dan lemak tak jenuh rantai ganda yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat seperti LDL, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.Makanan yang mengandung lemak baikUntuk mencukupi kebutuhan lemak baik dalam tubuh, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin:

1. Alpukat

Semua lemak yang ada di alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Satu buah alpukat (sekitar 200 gram) mengandung 29 gram lemak dan 322 kalori.

Komentar


VIDEO TERKINI