Dubes Jepang Kunjungi Pengolahan Gurita di Perinus Cabang Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Mr Masafi Ishii, berkunjung langsung ke kantor cabang PT Perinus Makassar.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama perdagangan Indonesia dan Jepang dalam bidang produk kelautan.

Kerja sama perdagangan yang telah berlangsung salah satunya antara PT. Perikanan Nusantara dengan perusahaan asal Jepang, Ajirushi Inc. yang mengolah produk-produk laut untuk dikomsumsi termasuk gurita.

Direktur Utama PT. Perikanan Nusantara, M Yana Aditya, menyampaikan, sejak 2017 pihaknya merupakan pemasok gurita bagi Ajirushi Inc. Gurita dipasok dengan memenuhi standar dan kualitas produk di Jepang.

“Kunjungan dari Dubes Jepang untuk Indonesia ini menjadi tanda bahwa kerjasama kami kedepannya akan terus berkembang,” ungkapnya saat berkunjung ke PT Perikanan Nusantara Cabang Makassar, Jalan Sabutung-Paotere, Senin, 30 Juli.

Sales Director Ajirushi Inc, Kenji Kuzunuki, menambahkan kedepannya produk gurita ini tidak hanya membidik ekspor ke Jepang namun bisa dipasarkan di Indonesia.

“Kita sedang tingkatkan produksi sehingga semuanya tidak ke Jepang namun di Indonesia juga bisa dinikmati,” tegasnya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Mashafumi Ishii mengatakan, perairan Makassar merupakan wilayah dengan produksi gurita segar terbaik.

“Hanya saja sebelum diekspor butuh pengolahan agar tetap menjaga kualitas daging gurita,” kata Mashafumi Ishii saat berkunjung ke PT Perikanan Nusantara.

Mashafumi Ishii menyatakan, salah satu bantuan teknologi yang diberikan Jepang yakni berupa alat masak untuk mengukus gurita sebelum dikemas dan diekspor.

“Bentuk kerja sama ini adalah win to win. Gurita Indonesia dapat nilai tambah dengan teknologi Jepang, dan Jepang memperoleh gurita dengan kualitas yang baik,” jelasnya. (abd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...