IYL Wafat, Sekolah di Gowa Naikkan Bendera Setengah Tiang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA– Sekolah di Kabupaten Gowa menaikkan bendera setengah tiang, atas meninggalnya mantan bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo

Salah satunya di Sekolah Dasar Inpres Tompona, Kelurahan Tonrorita, Kecamatan Biringbulu, Gowa.

Salah seorang guru, Sahrir Rahman Daeng Nyengka mengatakan, bendera setengah tiang dinaikkan sebagai ungkapan turut berbelasungkawa atas meninggalnya IYL.

“Ini biasanya kami naikkan kalau ada pahlawan meninggalkan dan kami anggap Bapak Ichsan Yasin Limpo ini adalah pahlawan. Dan ini juga sebagai ungkapan turut berbelasungkawa atas meninggalnya beliau,” ujarnya.

Tak hanya di SDI Tompona, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Biringbulu juga melakukan hal yang sama yaitu menaikkan bendera setengah tiang.

Diketahui, semasa menjabat sebagai Bupati Gowa selama dua periode, IYL yang juga akrab disapa Punggawa banyak melahirkan terobosan-terobosan baru khususnya di bidang pendidikan.

Beberapa yang menjadi terobosan baru IYL di bidang pendidikan adalah Program Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Program investasi seperempat abad, dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

Hal inilah yang membuat ayah dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan ini diberi gelar bapak Pelopor Pendidikan Gratis di Sulawesi Selatan.

Diketahui IYL yang akrab disapa Punggawa tersebut wafat di usianya yang ke-58 tahun saat menjalani perawatan medis di Juntendo University Hospital, Tokyo Jepang.

Sebelumnya, Ayahanda Bupati Gowa tersebut juga sempat dirawat beberapa bulan di Mount Elizabeth Hospital Singapura atas penyakit yang dideritanya.

Atas meninggalnya IYL, ungkapan duka berdatangan. Salah satunya dari Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla.

Kepada Syahrul Yasin Limpo, saudara kandung IYL, JK melalui sambungan telepon selaku perwakilan keluarga, Pak JK juga berpesan kepada keluarga agar mengikhlaskan kepergian dan mendoakan almarhum.

Wakil Presiden Perintahkan KBRI Tokyo Bantu Urus Jenazah IYL

Praperadilan Kivlan Zen Ditolak PN Jaksel

Adnan Purichta Ichsan: Selamat Jalan Papa Tersayang

Selain itu, JK juga meminta KBRI di Tokyo agar semaksimal mungkin membantu segala pengurusan jenazah almarhum Ichsan Yasin Limpo.

Selain JK yang berbela sungkawa, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Ichsan Yasin Limpo (IYL), Bupati Gowa Periode 2005-2015 yang juga Ketua PMI Sulsel.

“Innalillahi Wa innailaihi roji’un. Dengan penuh rasa duka mendalam, kami menyampaikan telah berpulangnya ke Rahmatullah sahabat saya, Bapak Ichsan Yasin Limpo,” kata Nurdin Abdullah.

Gubernur mendoakan almarhum dalam keadaan khusnul khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan.

“Semoga Almarhum kembali dengan keadaan Insyaallah khusnul khatimah, dan keluarga diberi kekuatan dan ketabahan. Aamiin ya robbal ‘alamiin,” sebutnya. (ica)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...