5 Alasan Tubuh Butuh Asupan Omega-3 dari Ikan Salmon

Rabu, 31 Juli 2019 12:54
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID– Omega-3 adalah lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh. Maka seseorang perlu mendapatkannya dari asupan makanan.Selain vitamin dan mineral, tubuh juga memerlukan lemak baik atau asam lemak Omega-3. Biasanya kandungan asam lemak ini banyak diperoleh dari minyak ikan. Salah satu makanan yang banyak menyediakan asupan omega-3 adalah alpukat dan ikan salmon.Dilansir dari US News, Selasa (30/7), asam Eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) ditemukan dalam ikan berlemak dan beberapa kerang. Asam alfa-linolenat, atau ALA, ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan (terutama kacang kenari), rami, dan beberapa sayuran berdaun.Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan, suatu faktor dalam plak yang menyumbat arteri dan penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis. Omega-3 menawarkan penyembuhan gejala rheumatoid arthritis.Selain itu, Omega-3 dapat mengencerkan darah dan dapat mengurangi kemungkinan gumpalan atau sumbatan dalam darah. Namun ketika pasien penyakit tertentu menggunakan obat pengencer darah, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli gizi soal batasan asupan omega-3.Omega-3 dan Ikan SalmonTambahkan asupan setiap hari berupa menu ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan kerang. Salmon, adalah salah satu pilihan terbaik. Dilansir dari Medical Daily, ada 5 manfaat dari ikan salmon. Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi Peradangan

Salmon dianggap sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA. Ada pula kandungan vitamin B yang ditemukan dalam salmon, menjadikannya sebagai salah satu makanan terbaik untuk melawan peradangan dalam tubuh. Berkurangnya peradangan berarti berkurangnya risiko terkena berbagai penyakit kronis, penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit autoimun seperti lupus dan fibromyalgia.

2. Turunkan Berat Badan

Berkat kandungan lemak tak jenuh ganda dan protein, salmon dapat membantu perut merasa kenyang. Selain padat nutrisi, porsi 3,5 ons salmon diperkirakan mengandung sekitar 180 kalori.

3. Kesehatan Kulit

Salmon disebut sebagai salah satu makanan super yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Dokter Kulit Melda Isaac di Washington DC, mencatat kandungan vitamin D dalam salmon dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Omega-3 melawan tanda-tanda penuaan karena dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit.

4. Kesehatan Tulang

Kombinasi asam lemak dan vitamin D yang ditemukan pada ikan tersebut dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang yang lebih baik. Dan, mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis. Ada juga kandungan 200 miligram kalsium dari 4 ons salmon.

5. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Jenis ikan tertentu tidak terlalu aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil karena kadar merkuri yang tinggi. Tetapi menurut Food and Drug Administration, salmon adalah salah satu pilihan terbaik. Akan lebih baik dikonsumsi dalam 2 atau 3 porsi per minggu. The Mayo Clinic mencatat bahwa protein, zat besi, dan seng di dalam salmon dapat membantu pertumbuhan bayi. Asam lemak omega-3, khususnya DHA, juga dapat memainkan peran penting dalam perkembangan otaknya.

Nico Ungkap Dua Event Bakal Digelar di Hadapan Pesera Pesparawi PWGT

Komentar


VIDEO TERKINI