Kapal Angkatan Laut AS Ditahan TNI, Prajurit Tak Boleh Turun

FAJAR.CO.ID, BANYUWANGI - Kapal Angkatan Laut AS (Amerika Serikat), United States Naval Ship (USNS) Fall River ditahan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Selasa pagi.

Kapal yang memuat personel United States Marine Corps (USMC) itu, tak bisa menurunkan personelnya lantaran tak memenuhi persyaratan dokumen.

Padahal, kapal tersebut direncanakan berlatih bersama personel marinir Indonesia di Kali Selogiri, Desa Ketapang, hari ini (31/7).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Agus Winartono menyatakan, kapal itu tertahan karena dokumennya tidak lengkap.

Hingga kapal Angkatan Laut AS bersandar pukul 10.03, pihaknya sama sekali tidak mendapatkan laporan dari agen kapal.

''Seharusnya ada surat atau pemberitahuan minimal 1 x 24 jam sebelum bersandar. Apalagi, itu kapal perang. Kapal bermuatan pupuk saja tetap melaporkan,'' ujar Agus.

Perhatikan Bentuknya, Millen Habiskan Rp70 Juta Operasi Payudara

Politikus PKS Dukung Ide Pelarangan Koruptor Maju di Pilkada

Revisi UU Pilkada Digulirkan KPU, Targetnya Eks Koruptor

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal menjelaskan, USNS Fall River sebenarnya datang untuk menurunkan personel dan alat transportasi yang akan digunakan dalam latihan CARAT 2019 dengan marinir Indonesia.

Namun, karena dianggap tak memenuhi prosedur, pihaknya tidak bisa mengizinkan personel maupun peralatan milik Amerika Serikat tersebut.

Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan pengamanan. ''Di Amerika saja KRI kita diperiksa sampai ke saluran pembuangannya, baru diperbolehkan menurunkan personel.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...