Menteri Agama Imbau Jemaah Jaga Stamina Jelang Armuzna

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MEKAH — Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengimbau jemaah untuk tetap menjaga stamina. Paslanya, kurang dari sepuluh hari ke depan, jemaah haji akan menjalani prosesi Arafah-Muzdalifah-Mina atau Armuzna.

“Haji merupakan ibadah yang sangat memerlukan stamina prima, kesehatan baik, maka harus mampu menjaga kesehatannya masing-masing,” kata Menteri Agama, Lukman dalam pernyataan resminya, Selasa (30/7).

Menag yang jadi amirul hajj ikut memantau jemaah haji kloter 32 Embarkasi Makassar (UPG 32), di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

KPK Imbau Iwa Karniwa Kembalikan Uang Suap Rp900 Juta

Kepala Pengadilan Militer Diberhentikan, Punya WIL

Muslim Uighur di Xinjiang, Ini Klaim Terbaru Tiongkok

“Ukur kemampuan diri, jangan forsir beribadah tanpa diimbangi istirahat cukup dan asupan makanan sehat yang cukup,” sambungnya.

Musim haji kali ini bertepatan dengan musim panas. Suhu di Makkah dalam sepekan terakhir berkisar 42-48 derajat celcius. Panas terik menuntut jemaah untuk menjaga kesehatannya, termasuk dari dehidrasi karena kekurangan cairan. “Jadi istirahat cukup, makan cukup,” tandasnya.

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 10 jemaah haji Indonesia gelombang I masih tertahan di Madinah. Pasalnya, ke-10 jemaah tersebut menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

“Belum semua jemaah haji gelombang I bisa diberangkatkan, masih ada 10 jemaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi,” kata Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari dalam pernyataan resminya, Minggu (28/7).

Pemain Bokep Buron Polisi Inggris Diringkus di Bali, Ini yang Ditemukan di Kamarnya

Penjara Altamira Rusuh, 57 Tewas dan 16 Terpenggal

Nafa Urbach Marah Millen Ngaku Pernah Berhubungan ZL

Hal ini lanjutnya, menjadi tugas pihaknya untuk melakukan pemantauan. Sebab, bagaimanapun seluruh jemaah haji harus diberangkatkan ke Mekah untuk persiapan wukuf.

Dia mengatakan bahwa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) senantiasa memantau perkembangan kesehatan jemaah haji yang tengah sakit. Jika kondisinya telah membaik, PPIH Madinah akan segera mengevakuasi jemaah tersebut menuju Mekah menggunakan ambulans.

Akhmad mengungkapkan, sebanyak 14 kloter jemaah gelombang I diberangkatkan dari Madinah ke Mekah hari ini (28/7). Pasalnya, ini merupakan batas akhir pendorongan jemaah haji gelombang I dari Madinah ke Mekah.

“Sampai dengan kemarin sudah diberangkatkan 215 kloter dan hari ini menyusul 14 kloter. Nantinya, pada jam 14.00 Waktu Arab Saudi sudah seluruhnya bergerak ke Mekah untuk melaksanakan manasik haji,” tutupnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...