Pengamat Politik Bilang Trah Soekarno Tak Masuk Kabinet

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik, Satyo Purwanto memprediksi trah Soekarno tidak akan masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin di pemerintahan lima tahun mendatang.

“Kalau bicara trah Soekarno di kabinet, gue rasa tidak ada,” kata Satyo, Rabu, (31/7).

Berbicara trah Soekarno saat ini, kata Satyo, erat kaitannya dengan anak dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Setidaknya dua nama anak Megawati yang dianggap pantas menjabat menteri Jokowi yakni Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo.

Namun, Satyo memprediksi Puan tidak masuk jajaran kabinet Jokowi. Sebab, kemungkinan besar Puan akan didaulat sebagai Ketua DPR RI.

“Jadi seperti yang diatur di dalam UU MD3 partai pemenang pemilu berhak mendapatkan kursi DPR. Kemungkinan Puan plot di sana,” ucap dia.

Mendikbud Larang Pengangkatan Guru Honorer Lagi

Tertimbun Tebing Longsor, Pekerja Tambang Tewas

KPK Sayangkan Politikus Nasdem Tak Patuh Hukum

Sementara itu, lanjut Satyo, Prananda juga tidak akan masuk kabinet Jokowi. Dalam analisis Satyo, Prananda akan difokuskan di PDIP untuk menjadi suksesor Megawati.

“Kemungkinan besar Mas Prananda plotnya bukan di kabinet. Namun, akan menjadi suksesor Megawati di partai (jadi ketum PDIP, red),” ucap pengamat politik ini.

Lagi pula, lanjut dia, penunjukkan Prananda sebagai menteri berpotensi menghadirkan konflik kepentingan. Sebab, PDIP memiliki idiom di internal yakni semua kader ialah petugas partai.

“Akan jadi konflik kepentingan ketika ketum partai misalnya Prananda, dia menterinya Jokowi. Sementara Jokowi kader partai. Jadi polanya tidak begitu. Ketua umum akan di luar,” ungkap dia. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...