Tim PKM-PSH UNM Urutan Pertama Se-Indonesia, JBSI Mendominasi Pimnas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tahun ini, UNM menorehkan prestasi membanggakan, kali pertama dengan jumlah terbanyak 21 judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) akhir Agustus nanti.

Untuk skim Penelitian Sosial Humaniora (PSH), tim UNM berada diurutan pertama seindonesia. Tim terbanyak yang lolos. Ada sembilan tim, tujuh di antaranya dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI).

Peningkatan ini juga tidak lepas dari Bimbingan Salah seorang Dosen di FBS, Dr Sultan. “Alhamdulillah, tahun ini, pencapaian luar biasa bagi JBSI dan UNM. candaan tahun lalu di Jogja untuk bikin yel-yel heboh insyaallah terwujud. Dari bahasa Indonesia sudah 24 orang,” ungkap Sultan.

UNM masuk 10 top tim yang berhasil lolos ke Pimnas di Universitas Udayana, Bali. Koordinator Reviewer Internal UNM, Prof Bakhrani Rauf mengutarakan, selama ini tidak pernah menduduki urutan tersebut.

Dalam pengusulan PKM harus memenuhi klaster. Untuk klaster satu diberikan kuota 750 judul yang bisa diusulkan. “Sementara kami, berada di klaster dua, hanya 475 yang dapat diusulkan, namun ada 52 yang berhasil di danai,” ungkapnya, Rabu (31/07/2019).

Tahun lalu, hanya tiga yang berhasil lolos ke Pimnas. Dua tim dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) dan satu dari Fakultas Teknik (FT).

“UNM berhasil menyetarai Unhas, tim yang lolos sebanyak 21. Padahal tim Unhas yang didanai ada 73, sementara kami hanya 52. Mudah-mudahan kami juga bisa naik ke klaster satu,” harap Prof Bakhrani.

Lebih lanjut, pekan depan, pihaknya akan mengadakan coaching untuk persiapan melaju ke Pimnas. “Kami akan permantap presentasi mahasiswa kami dengan menghadirkan pimpinan fakultas yang bisa memberikan pelatihan,” sebutnya. (aas)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment