KH Ma’ruf Amin Dilibatkan Susun Kabinet, Nasdem Menjamin

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– KH Ma’ruf Amin, wakil presiden terpilih dipastikan terlibat dalam penyusunan kabinet periode lima tahun mendatang bersama presiden Jokowi.

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Johnny G Plate.

Menurut Johnny, isu-isu miring yang menyebutkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif, tidak dilibatkan mengenai pembahasan menteri di kabinet adalah tidak benar.

“Kabinet itu akan disiapkan oleh Pak Jokowi dan tentu akan dibicarakan dengan Kiai Ma’ruf Amin, dan juga Pak JK (Jusuf Kalla) yang sekarang ini menjadi wapresnya,” ujar Johnny kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/8).

Namun demikian, Anggota Komisi XI DPR ini tidak mengetahui mengenai sudah ada pembicaraan atau belum mengenai kursi menteri antara Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Plate mengatakan, saat ini partai koalisi pun belum mengirim data pribadi para calon menteri ke Jokowi. Termasuk NasDem juga belum mengirimkan data calon menterinya.

“Pembicaraan Kiai Ma’ruf Amin dengan Pak Jokowi ya kan itu hal yang normal saja. Mereka berdua kan satu paket,” katanya.

Lebih lanjut ‎mengenai Presiden Jokowi yang sudah meminta nama-nama kader partai untuk bisa disodorkan menjadi calon menteri. Johnny menuturkan Nasdem belum memberikan nama-nama calon menteri tersebut.

Alasannya Presiden Jokowi masih belum menyusun mengenai siapa saja menteri yang akan membantunya di kabinet selama lima tahun ke depan.

“Pak Jokowi juga belum susun, dan Nasdem kan belum sampaikan,” ungkapnya.

Sisa 10 Persen Warga yang Tak Dapat Pasokan Air PDAM Makassar

Andra Y Agussalam Ditangkap KPK, Duit Rp1 Miliar Jadi Bukti

Adnan: Bapak Tersenyum Saat Meninggal

Sekadar informasi, Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin mengungkapkan terkait pengajuan nama menteri adalah sepenuhnya di tangan Presiden Jokowi.

“Oh itu urusannya Pak Jokowi nanti. Urusan jatah-jatah Pak Jokowi lah,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf juga menolak untuk berkomentar terkait sejumlah nama yang diisukan akan mendapat jatah menteri. Menurutnya yang akan menyampaikan usulan menteri adalah Presiden Jokowi.

“Ya nantilah kita bicarakan. Kan Pak Jokowi nanti yang menyampaikan usulan-usulannya,” kata dia.‎

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Sekjen PPP), Asrul Sani juga memastikan bahwa pembahasan kursi menteri di kabinet akan melibatkan Ma’ruf Amin dan Jusuf Kalla. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...