Tampung Aspirasi Masyarakat Soal Hukum, Kejati Sulsel Gelar Teras

Kamis, 1 Agustus 2019 - 10:20 WIB
Teras Kejati Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel menggelar Teras Kajati. Kegiatan tersebut adalah wadah menerima aspirasi masyarakat Sulsel terhadap segala permasalahan hukum menurut tugas pokok dan fungsi Kejaksaan.

Acara yang digelar Rabu (31/7) kemarin dihadiri oleh Kajati Sulsel, Firdaus Dewilmar, Pakar Hukum perdata Unhas Prof Muzakkir, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, praktisi hukum (Lawyer) Tajuddin Rahman, Kepala Biro Aset Pemprov Sulsel Nurlina, dan Kesbangpol Sulsel Asmanto Baso Lewa.

Dialog mengangkat sekelumit permasalahan aset pada Pemerintah Prov Sulsel, serta mencari solusi terbaik dalam penyelesaiannya utamanya masalah recovery aset.

“Aset dapat memberikan konstribusi finansial dalam menopang pendapatan keuangan daerah. Olehnya itu optimalisasi pengelolaan serta penggunaan aset untuk mendorong pertumbuhan ekonomi segera harus dilakukan dan bukan hanya di tingkat provinsi tetapi pemerintah daerah juga sudah harus bergerak,” kata Firdaus.

Lebih lanjut mantan Kajati Gorontalo ini menambahkan salah satu keberhasilan yang telah diraih kejaksaan yakni Kejari Makassar telah melakukan pemulihan Aset sebesar RP2,5 triliun dan telah diserahkan ke Pemkot Makassar.

Kajati juga menantang Bupati dan Walikota untuk mempercayakan recovery aset kepada Jaksa Pengacara Negara. Hal ini selaras dengan Perpres No. 54 Tahun 2018 terkait Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang.

“Jalur Non Litigasi saat ini menjadi pilihan prioritas untuk menyelesaikan masalah aset (tanpa Pengadilan),” tambahnya. (edo)

Loading...