4.173 Butir Obat Daftar G Diamankan Satres Narkoba Polres Maros

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Sebanyak 4.173 butir obat daftar G diamankan Satuan Res Narkoba Polres Maros. Saat diamankan, ribuan obat daftar G diduga jenis Y ini telah dipaketkan menjadi 833 saset dengan jumlah bervariasi.

KBO Sat Res Narkoba Polres Maros, Iptu Doris Hadiana, mengatakan, penangkapan ini berawal saat pihaknya memperoleh informasi masyarakat bahwa di daerah Dusun Samarinda Desa Baruga Kecamatan Bantimurung sering terjadi penyalahgunaan narkotika.

“Akhirnya kita lakukan penyelidikan dan berhasil meringkus salah seorang pelaku AH (35) di rumahnya di Dusun Samariga beserta barang bukti 833 saset dengan jumlah obat keras diduga jenis Y 4.173 butir,” jelasnya.

Dia mengatakan, dari hasil interogasi pelaku, obat ini ada yang memasok atau diantarkan oleh seseorang.

“Jadi, yang memasokkan barang, dia diantarkan oleh seseorang yang masih dalam proses pengembangan,” katanya.

Obat-obatan ini, kata dia, sengaja dipinggir paketkan untuk diedarkan di kalangan remaja.

“Sasarannya memang remaja yang minim pendapatannya. Karena obat ini sengaja dipaketkan, ada isi tiga biji per saset dijual dengan harga Rp10 ribu dan isi enam harga Rp20 ribu,” ungkapnya.

Dia juga mengakui kata dia, obat ini dibeli dengan harga Rp1,7 juta per 1000 butir. Selain obat-obatan, kata dia, pihaknya juga mengamankan barang bukti dari hasil penjualan senilai Rp570 ribu.

Akibat perbuatan terduga pelaku, AH kenakan Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, karena dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi tanpa hak atau izin. Dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Doris juga menjelaskan selama operasi antik Lipu 2019 yang dimulai 16 Juli hingga 4 Agustus Satuan Res Narkoba sudah mengungkap 6 kasus dengan jumlah tersangka 10 orang dari berbagai penyalahguna Narkotika seperti sabu, obat-obatan dan juga tembakau sintesis.

Namun, selama bulan Juli, kata dia, Sat Res Narkoba Polres Maros sudah mengungkap 12 kasus dengan jumlah 18 tersangka. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...