Busyro Muqoddas: Haji Sekarang Ini Lebih Baik Sekali Saja

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas menjadi anggota atau delegasi amirulhaj tahun ini.

Terkait dengan kapasitas itu, dia mengunjungi jemaah haji yang tinggal di Hotel Al Kiswah sektor 10 Mekah kemarin (3/8).

Hotel tersebut dihuni jemaah dari embarkasi Solo. Busyro memberikan ceramah satu jam dengan menggunakan bahasa Jawa halus (kromo inggil). Jemaah menyimak dengan anteng.

Busyro menuturkan, antrean haji di Jawa Tengah sudah mencapai 23 tahun. Bahkan, di Sulawesi, ada yang sampai lebih dari 40 tahun. Dia berharap jemaah dalam kegiatan kemarin bersyukur karena bisa berhaji tahun ini. “Haji untuk sekarang ini lebih baik sekali saja,” katanya.

Tujuannya, bisa memberikan kesempatan kepada pendaftar lain yang belum kebagian jatah berhaji. Dia menyambut baik ketentuan dari Kemenag bahwa seseorang baru bisa mendaftar haji lagi setelah sepuluh tahun keberangkatan sebelumnya.

Bandara Soetta Jamin Tak Terpengaruh Pemadaman Listrik

Megawati Bakal Pimpin PDIP Seumur Hidup

Cut Meyriska dan Roger Menikah di Medan

Kalaupun memiliki rezeki banyak, papar Busyro, umat Islam bisa menggunakannya untuk ibadah lain. Tidak harus digunakan untuk kembali berhaji. Dia mencontohkan, uang tersebut bisa digunakan untuk urusan pendidikan anak-anak. “Pendidikan anak adalah penyempurna ibadah orang tua,” kata Busyro Muqoddas.

Di hotel yang sama, Menag Lukman Hakim Saifuddin yang juga amirulhaj melakukan senam bersama jemaah. Lukman menuturkan, senam itu dilakukan untuk menjaga kesehatan sebagai persiapan wukuf. “Alhamdulillah, menjadi segar,” tutur dia. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...