Mahasiswa Unitri Sunat Massal, Sulasmini: Ngirisnya Lama

FAJAR.CO.ID, MALANG — Sebanyak 20 mahasiswa Unitri Sunat Massal, Jumat, 2 Agustus pekan lalu. Mahasiswa berusia 20 tahunan di Universitas Tribuwana Tunggadewi (Unitri), Kota Malang, itu antusias mengikuti sunatan massal.

“Bedanya kalau orang dewasa itu waktunya satu orang 35 menit, kalau anak-anak kan 30 menit. Ya kan kalau ngiris daging masih empuk, kalau dewasa kan beda,” terang Ketua Prodi Studi Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Unitri, Sulasmini.

Di sisi penanganan, menyunat orang dewasa lebih mudah karena drama menangis dan takut sangat minim.

Meski mahasiswa Unitri sunat massal baru dilaksanakan sekali, Sulasmini mengatakan sudah ada 33 mahasiswa yang inden sunat. Ya, sunat ini akan digelar 6 bulan sekali dan gratis.

Plt Dirut PLN: Ada Suplai Listrik dari Indonesia Timur

Antisipasi Perceraian, ACT Jateng Gelar Humanity Parenting Class

Via Vallen dan Nella Tak Hadiri Sidang Kosmetik Ilegal

“Kalau di rumah sakit itu mahal sampai Rp2 juta. Kalau di sini kita gratis, murni karena untuk tujuan kesehatan. Apalagi di sini kan banyak yang Nasrani ya. Banyak yang belum sunat,” sambung dia.

Sulasmini mengaku sempat kesulitan menggaet peserta. Sosialisasi di kawasan kampus kemudian digencarkan dan akhirnya lambat laun banyak yang sadar.

“Dulu susah sekali. Tapi sekarang malah ada yang inden. Jadi lebih mudah untuk mengadakannya lagi di semester depan. Ya semoga ini berjalan teruslah untuk kesehatan,” tutupnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...