BAN PT Visitasi Prodi Analisis Kimia PNUP

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kunjungan dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), dalam rangka proses akreditasi program studi (prodi) D3 analisis kimia.

BAN-PT yang diwakili oleh Ratna Ediati (Institut Teknologi Surabaya) dan Bambang Yudono (Universitas Sriwijaya) melakukan visitasi ke PNUP dalam bentuk asesmen lapangan selama 3 hari (4-6/8).

Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap yang harus dipenuhi untuk proses akreditasi sebuah prodi.

Dalam sambutannya saat menerima tim BAN-PT, Senin (5/8) di kampus I PNUP, Direktur PNUP, Muhammad Anshar menyampaikan bahwa asesmen lapangan menjadi salah satu tahap sangat penting bagi prodi yang baru diakreditasi.

Hal itu karena akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di prodi yang bersangkutan.

Melalui asesmen lapangan dapat dilihat sejauh mana sebuah prodi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Untuk itu, ia berpesan kepada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan prodi D3 analisis kimia, memberikan pelayanan dan dukungan yang maksimal terkait asesmen lapangan.

Ditambahkan lagi bahwa akreditasi dapat memberikan jaminan kepada masyarakat luas. Jaminan itu terdiri dari berbagai elemen prodi yang telah diakreditasi, mampu memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sesuai dengan ketentuan akreditasi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...