Blackout PLN, Begini Komentar Eks Dirut PLN Sofyan Basir

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Dirut PLN Nonaktif, Sofyan Basir ikut mengomentari blackout PLN yang terjadi lebih dari sembilan jam pada Minggu (4/8), di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya disebut pemadaman yang terparah.

Direktur Utama PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) nonaktif, Sofyan Basir meyakini, mantan anak buahnya tengah mencari solusi yang terbaik untuk memulihkan pasokan listrik ke masyarakat.

“Nampaknya iya ya (terparah), dari perjalanan memang kadang-kadang kalau bicara energi ya seperti itu. Kadang kita tidak tahu penyebabnya apa, saya sendiri kan bukan ahlinya ya, tapi ya solusi sedang dicari mudah-mudahan bisa selesai dalam waktu singkat,” kata Sofyan sebelum menjalani sidang perkara korupsi PLTU Riau-1 di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (5/8).

Sofyan menuturkan, dia kini tidak tahu lagi terkait padamnya listrik di wilayah Jabodetabek pada Minggu (4/8) kemarin. Menurutnya, pihak direksi langsung menangani masalah tersebut. “Udah bukan di PLN lagi. Enggak lah udah lah biar nanti diserahkan ke direksi ya,” ucap Sofyan.

Menurut Sofyan, pemadaman listrik secara keseluruhan yang terjadi di wilayah Jabodebatek bukan karena kurangnya pasokan listrik. Dia meyakini, PLN mempunyai pasokan listrik yang cukup untuk masyarakat. “Kalau soal setok enggak ada masalah,” tegas Sofyan mengomentari blackout PLN ini.

Sebelumnya, gangguan listrik yang terjadi sejak kemarin siang berangsur-angsur pulih tadi malam. Seharian kemarin PLN berupaya mengembalikan aliran listrik seperti sediakala. Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani memimpin langsung proses perbaikan sistem pembangkit listrik. Recovery dilakukan dari pusat pengendalian beban sistem Jawa-Bali sampai ke unit-unitnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...