Bule Pembobol ATM Ngomel Didenda Rp25 Juta

 

FAJAR.CO.ID, BALI-- Empat warga negara Rumania divonis bersalah dengan hukuman penjara 10 bulan. Bule pembobol ATM itu dinyatakan terbukti melakukan kejahatan.

Empat terdakwa itu antara lain Sorinel Miclesu, 32; Alin Serdaru, 31; Alisa Sardaru, 38; dan Sorin Velcu, 34,

Para terdakwa dinyatakan bersalah melanggar Pasal 30 ayat (1) juncto Pasal 46 ayat (1) UU Nomor 11/2008 tentang ITE juncto Pasal 55 ayat (1) kesatu KUHP.

Majelis hakim yang diketuai I Made Pasek menjatuhkan vonis sepuluh bulan penjara untuk terdakwa Sorinel; Alin; dan Sorin.Sedangkan Alisa yang menjadi satu-satunya terdakwa perempuan diganjar sembilan bulan penjara.

Pertimbangan hakim menghukum Alisa lebih ringan satu bulan dari terdakwa lain karena Alisa dalam pledoinya mengaku memiliki anak kecil yang sedang menderita sakit serius.

Selain menjatuhkan pidana badan, hakim juga menghukum terdakwa dengan pidana denda Rp25 juta. “Dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti satu bulan penjara,” kata hakim Pasek, Senin (5/8).

Hakim kemudian menanyakan apakah para terdakwa menerima, melalui penerjemah bahasa I Wayan Ana mereka mengaku menerima.

“Tapi, mereka meminta keringanan hukuman, Yang Mulia,” kata Wayan Ana. Hakim menyatakan tidak bisa memberi keringanan karena hukuman sudah dijatuhkan.

Keempat terdakwa akhirnya mengerti. Sikap serupa ditunjukkan JPU Gede Raka Arimbawa. Meski menyatakan menerima putusan, para terdakwa ini saat keluar ruang sidang mengomel.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...