Eusebius Lolonium Mampu Lulus IPDN Tanpa Ibu-Ayah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Eusebius Lolonium sebentar lagi menyandang status sebagai CPNS tamatan IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri).

Bersama rekan-rekannya seangkatan, Ebi – panggilan akrabnya - akan dilantik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (06/08) di Kampus Jatinangor, Jawa Barat.

Eusebius Lolonium merupakan Praja IPDN asal pendaftaran Maluku yang juga Praja pembawa Pataka (Pasukan Tanda Kehormatan) IPDN.

Siapa sangka, di balik kisah suksesnya menamatkan pendidikan tinggi di IPDN, Ebi juga menyimpan kisah pilu yang menjadi motivasi keberhasilannya.

Ebi ditinggal oleh ayah dan ibunya sejak kecil, mereka entah pergi ke mana dan meninggalkan Ebi kecil bersama neneknya.

Sementara nenek Ebi hidup dengan mengandalkan uang pensiunan almarhum suaminya. Tak hanya itu, dengan uang tersebut pula, Nenek Ebi menghidupi tujuh anaknya yang pada saat itu masih membutuhkan biaya yang besar.

Ketika kecil, Ebi bahkan harus mengumpulkan rongsokan besi untuk dijual. Hal ini ia lakukan untuk membantu neneknya.

Keterangan tertulis Kapuspen Kemendagri Bahtiar menyebutkan, saat Ebi duduk di bangku SMP, ibunya kembali tapi seakan-akan telah melupakan anak kandungnya itu,

Sikap dan kasih sayang yang selayaknya diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya, tak pernah Ebi rasakan.

Ibunya kini telah menikah kembali dan hidup dengan ayah tiri dan anak-anaknya. Sementara Ebi, tetap tinggal bersama sang nenek.

Rasa sayang neneknya yang begitu besar, menjadi motivasi terkuat Ebi untuk membalas kasih sayangnya berkali-kali lipat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...