Fahri Hamzah Desak PLN Jawab Kerugian Konsumen

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mendesak PLN memberi penjelasan detail terkait pemadaman listrik alias blackout di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Pasalnya, sudah sering dan banyak pihak yang dirugikan karena persoalan ini. “PLN harus menjelaskan apa yang terjadi. Termasuk menjawab tentang kerugian yang dihadapi konsumen,” ujar Fahri Hamzah, Senin (5/8).

Fahri juga mengatakan PLN harus juga bisa menjelaskan antisipasi apabila gangguang seperti ini ada lagi ke depannya. Sebab ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sehingga masyarakat tidak menjadi waswas.

“Publik butuh penjelasan PLN soal antisipasi apabila hal ini masih terjadi. Supaya ada ketenangan bagi masyarakat, konsumen dan pada saat seperti ini,” katanya.

Namun demikian Fahri menyarankan supaya PLN juga berkolaborasi dengan BMKG, BNPB. Sebab beberapa waktu lalu Banten diguncang gempa 6,4 skala richter. Efeknya pun sampai ke DKI Jakarta.

“Sebab apabila memang itu hubungannya dengan becana alam ada unsur kata stroke yang memang tidak bisa direncanakan, tidak ada bencana alam yang persis dan benar-benar diketahui kapan akan terjadi,” ungkapnya.

Gempa Megathrust Intai Pulau Sulawesi

Banyak Warga Pelihara Unggas, Satgas TMMD Ingatkan Pentingnya Kebersihan Lingkungan

Andi Patarai Amir Paling Layak Jabat Ketua DPRD Maros

Habib Rizieq Shihab Buka Ijtimak Ulama IV di Sentul

Kecewa PLN, Jokowi: Saya Ulang, Jangan Sampai Terulang

Sekadar informasi, ‎PT PLN saat ini tengah mestabilkan aliran sinyal dari pasokan listrik. Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka‎ meminta maaf kepada masyarakat atas padamnya aliran listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang terjadi Minggu mulai pukul 11.48 WIB.

Made menjelaskan penyebab padamnya listrik di wilayah Jabodetabek dikarenakan adanya gangguan Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya yang mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Sedangkan di Jawa Barat juga terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan padamnya sejumlah area diantaranya Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Saat ini PLN sedang berupaya semaksimal mungkin memperbaiki sistemnya agar listrik di wilayah tersebut kembali normal.‎ (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...