BOM TUHAN

Selasa, 6 Agustus 2019 - 09:25 WIB
Tanggal 6 Agustus, AS menjatuhkan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima. Tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, AS menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki.

FAJAR.CO.ID–Sejarah Hari Ini, 74 tahun silam tepatnya 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima, Jepang. Bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima itu dikenal dengan sebutan Little Boy.

Walau sudah 74 tahun terjadi, kejadian itu masih membekas di benak banyak orang.

Bom atom Little Boy yang meluluhlantakkan kota Hiroshima menjadi peristiwa paling memilukan yang masih diingat dalam sejarah.

BOM TUHAN
(Eduardo Galiano)

Pada 1945, saat fajar hari ini merekah, Hiroshima kehilangan nyawanya. Bom atom yang muncul pertama langsung membakar kota ini dan penduduknya.

Penyintas yang tidak banyak, tubuh-tubuh yang termutilasi, berkeliaran di tengah reruntuhan berasap. Luka bakar di tubuh-tubuh telanjang mereka bercapkan baju yang mereka pakai ketika ledakan menghantam. Di sisa-sisa tembok, kilatan bom atom meninggalkan siluet yang ada di situ sebelumnya: seorang perempuan dengan tangan terangkat, seorang lelaki, seekor kuda yang tertambat.

Tiga hari kemudian, Presiden Harry Truman berpidato tentang bom itu di radio. Ia berkata: “Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa bom itu ada di kita, bukan di tangan musuh; dan kita berdoa semoga Ia menuntun kita untuk menggunakannya di jalanNya dan atas kehendakNya. (*)

Children of the Days
Eduardo Galeano
[Penerjemah: Wardah Hafidz]

loading...