KH Maimun Zubair Masih Sempat Terima Tamu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ulama kharismatik yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Maimun Zubair atau yang akbrab dipanggil Mbah Moen, meninggal dunia pada Selasa (6/8).

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang , Jateng itu meninggal saat menunaikan ibadah haji di Mekah.

“Ya, betul (meninggal dunia). Kami dapat info duka dari yang dampingi beliau selama di Mekah,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Achmad Baidowi saat dihubungi, beberapa saat lalu.

Pria yang akrab disapa Awiek ini mengaku kabar itu merupakan berita duka bagi bangsa Indonesia, terutama bagi kalangan NU.

Awiek sendiri dua hari yang lalu masih menemui Mbah Moen. “Saya masih sempat sowan beliau dan masih sehat walafiat,” kata dia.

Awiek sendiri mengaku sedang di Mekah dalam rangka ibadah haji. “Sekarang kami lagi perjalanan ke RS,” tutup Awiek.

“Iya benar meninggal di Mekah. Saya dapat info dari yang mendampingi beliau di sana,” ujar Ketua Wakil Ketua Umum DPP PPP, Arwani, Selasa (6/8).

Arwani mengatakan, dirinya sangat kaget mendengar kabar Mbah Moen meninggal dunia. Pasalnya, dia mendapat kabar bahwa Mbah Moen masih sempat menerima tamu di Mekah.

“Saya kaget, karena saya dengar beliau masih aktif menerima tamu,” katanya.

Lebih lanjut Arwani mengatakan, dirinya belum mengetahui apakah nantinya Mbah Moen akan dimakamkan di Indonesia atau di Arab Saudi. Sebab dia masih belum mendapatkan info dari pihak keluarga.

“Nanti kalau sudah ada info kami infokan lagi,” pungkasnya.

Kiai Maimun Zubair Meninggal di RS An Nur Mekah

Ketua Umum Gerindra Pastikan Hadir di Kongres PDIP

Mbah Moen Wafat Saat Ibadah Haji di Mekah

Lazismu Salurkan Donasi Konsumen

Puan Maharani Ungkap Niat Pemerintah Naikkan Iuran BPJS

Sementara itu, Menag Lukman Hakim Saifuddin yang kebetulan sedang berada di Mekah langsung meluncur ke RS An Nur, tempat Kiai Maimun Zubair dilarikan saat kondisi kritis.

Menag selaku Amirul Hajj sekitar pukul 05.30 waktu Arab Saudi bergegas menuju ke RS An Nur, karena informasinya Mbah Moen meninggal pukul 04.17.

Dalam perjalanan Lukman sempat berkoordinasi dengan petugas prosedur pemulangan jenazah menuju tanah air. Namun sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah jenazah Mbah Moen akan dibawa ke tanah air

Sekadar informasi, KH Maimun Zubair atau Mbah Moen wafat pada usia 90 tahun. Mbah Moen merupakan kiai kelahiran 28 Oktober 1928. Ia merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah, dan menjabat sebagai Ketua Majelis Syariah PPP.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...