Limbah Batu Bara Bisa Dimanfaatkan Jadi Produk Industri

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Limbah batu bara kerap menjadi permasalahan lingkungan. Namun ternyata bisa dimanfaatkan jadi produk industri.

Konsultan Bisnis Refinery Cooking Oil dan Hydrothermal Treatment Zero Waste Energy, Suhaemi Fattah mengatakan limbah padat hasil pembakaran batu bara disebut fly ash dan bottom ash (faba). Sesuai PP 101/2014, faba ini tergolong limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

"Sifat limbah ini bisa mencemarkan dan merusak lingkungan sekitar. Ini juga kadang jadi masalah buat industri terkait termasuk di PLTU yang menggunakan batu bara," ungkapnya, Selasa (6/8/2019).

Namun menurutnya, faba ini bisa dikelola sehingga hilang menjadi material non B3. Salah satunya dengan menggunakan teknologi hydrothermal. Bahkan bisa menjadi produk industri. Pihaknya menyiapkan mesin mengadopsi teknologi Jepang. Ini berkapasitas 10-12 ton.

"Setelah diproses limbah menjadi ramah lingkungan. Dan bisa menjadi briket atau pelet bahan bakar, bisa jadi bahan baku semen dan konstruksi jalan. Juga jadi pupuk. Ini modelnya sama yang digunakan untuk industri CPO ramah lingkungan," bebernya. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...