Peregangan untuk Relaksasi Tubuh

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Aktivitas padat seharian membuat seseorang terkadang merasa nyeri di beberapa bagian tubuh ketika bangun tidur. Suapaya segar, bisa ikuti cara ini.

Spesialis Ortopedi, Rumah Sakit Awal Bros, Dr dr Muhammad Sakti SpOT(K) memaparkan, beberapa tahapan peregangan bisa dilakukan sebelum tidur di atas kasur untuk membuat tubuh lebih relaks saat bangun tidur. Peregangan ini bisa dilakukan segala usia. Namun, bagi lansia sebaiknya tak memaksakan gerakannya.

Selain melakukan peregangan, sebaiknya perhatikan posisi tidur yang baik. Yakni miring ke kanan agar tubuh tak menekan jantung. Atau, tidur telentang untuk membuat tubuh lebih santai.

Saat tidur bisa pula meninggikan kaki dengan menaruh bantal di bawah betis. Posisi kaki lebih tinggi dari jantung agar darah yang menumpuk di kaki akibat seharian berjalan dapat kembali ke jantung. Atau menaruh bantal di punggung untuk membuat tulang belakang menjadi lurus.

1. Luruskan Tulang Belakang

Duduk kemudian angkat tangan lurus ke atas. Pastikan tulang belakang benar-benar dalam posisi lurus tertarik ke atas. Tahan beberapa detik kemudian arahkan tangan lurus ke depan menyentuh engkel kaki.
Bagi yang tidak mampu juga bisa menyentuh bagian lutut. Lakukan berulang sebanyak lima kali. Gerakan ini untuk meregangkan otot bahu dan lutut, juga meluruskan tulang belakang sesuai fungsi anatomisnya.

2. Leher Memutar

Gerakkan leher miring ke kiri dan ke kanan, kemudian putar leher dengan pelan. Leher juga menjadi salah satu bagian yang sering nyeri saat bangun tidur. Gerakan ini bisa merelaksasi leher.

3. Gerakkan Tangan

Angkat tangan kanan setinggi dada lalu gerakkan berlawanan ke arah kiri. Tahan posisi dengan menggunakan tangan kiri. Lakukan selama satu menit kemudian lakukan sebaliknya untuk bagian tangan kiri. Gerakan ini menbantu meregangkan otot-otot bahu dan bagian tangan agar lebih relaks.

4. Miringkan Tubuh

Lakukan posisi duduk kemudian angkat lutut kanan hingga menyentuh perut. Kemudian miringkan badan ke arah kanan. Tahan satu menit lalu lakukan gerakan yang sama ke arah sebaliknya. Ulang sebanyak lima kali dan pastikan posisi tulang belakang lurus. Gerakan ini untuk meregangkan area tulang belakang dan lutut.

5. Angkat Kaki

Berbaring lalu angkat kaki ke atas hingga tegak lurus 90 derajat. Tahan selama satu menit dan lakukan berulang sebanyak-banyaknya. Gerakan ini untuk meregangkan otot perut dan panggul. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...